Sukses

Porsche Langka Ini Harganya Bombastis, Apa Rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua merek sportcar premium lawas akan berakhir menjadi mobil langka dengan harga selangit. Salah satunya seperti yang terjadi pada Porsche 550A Spyder dilansiran 1958.

Tak tanggung-tanggung, Porsche 550A Spyder ini laku terjual US$5,17 juta atau setara Rp 67,8 miliar saat lelang yang diadakan rumah lelang Bonhams di Scottsdale, Amerika Serikat (AS), akhir pekan lalu. Demikian dikutip Carscoops, Selasa (23/1/2018).

Diketahui, tingginya harga mobil tersebut lantaran nilai historis yang begitu memukau. Bagaimana tidak, dibuat tahun 1958, mobil ini menjadi salah satu yang tercepat.

Porsche 550A Spyder 1958 di eranya patut diperhitungkan karena mampu menjadi jawara di ajang balapan. Beberapa pencapaian mobil ini antara lain memenangkan balapan di Sirkuit Reims di Prancis), Zandvoort di Belanda, dan Nürburgring di Jerman), serta menempati urutan kedua Le Mans (total kelima secara keseluruhan).

Selain itu, pabrikan mobil asal Jerman ini juga tidak membuat  Porsche 550A Spyder dengan jumlah banyak. Sebaliknya dia hanya memproduksi 40 unit. Alhasil mobil ini menjadi buruan para kolektor mobil klasik.

Sekadar informasi, Porsche 550A Spyder 1958 telah dibenamkan mesin 1.5 liter empat silinder, yang mampu memuntahkan kekuatan hingga  110 tenaga kuda.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 3 halaman

Harga Selangit Jaguar Klasik Berbentuk Unik

Sama seperti Ferrari atau Lamborghini, merek mobil Jaguar dengan status klasik banyak diburu kolektor mobil antik. Salah satu hasil karya Jaguar yang cukup dilirik banyak pencinta mobil lawas adalah Jaguar Type-D.

Model mobil satu ini konon menjadi salah satu mobil ikonik yang pernah diproduksi Jaguar. Penampilan perdana mobil ini dilakukan pada 1954.

Hanya saja, Jaguar Type-D tak bertahan lama, karena selang tiga tahun kemudian atau sekitar 1957, mobil ini akhirnya disetop produksi. Adapun mobil tersebut kini menjadi langka, karena selama tiga tahun Jaguar Type-D dibuat sebanyak 18 untuk tim balap pabrikan, 53 untuk konsumen, dan 16 diracik untuk versi XKSS.

Nah, ternyata Jaguar D-Type yang pernah mencatatkan kemenangan di Le Mans, salah satunya kini mencari majikan baru, atau dengan kata lain segera dijual.

Dilansir Motor1, Jaguar D-Type yang diproduksi tahun 1956 akan dijual melalui sistem lelang, yang digelar oleh Scottsdale Gooding & Company, 19 Januari 2018 mendatang.

Diperkirakan, mobil dengan nomor sasis XKD 518 bermesin 3,4 liter dan catatan nomor produksi E2028-9 di samping bodi akan terjual antara US$10-20 juta atau sekitar Rp 131-158 miliar.  

Yang membuat mobil ini lebih spesial yaitu, karena warna bodi merah tersebut hanya dibuat dua saja di dunia. Salah satunya yang akan dilelang.

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak Jaguar D-Type

Jaguar D-Type yang dijual ini rupanya memiliki nilai tersendiri. Disebutkan sekitar 1955, dealer Jaguar-Rover Henlys, di Manchester menyerahkan mobil ini ke konsumen tangan pertama, yang tak lain adalah mantan supremo Formula One (F1), Bernie Ecclestone.

Namun mobil ini berpindah tangan, yaitu diserahkan kepada sang anak, Peter Blonde yang berusia 21 tahun, dan kemudian berpindah lagi kepada Jean Bloxham.

Diketahui Jaguar Type-D ini tergolong orisinal, sebab mobil tersebut tak dilakukan rombakan. Bahkan warna merah mengejreng mobil tersebut diketahui masih asli seperti pertama kali.

Artikel Selanjutnya
Ke Pasar Tradisional, Raffi - Nagita Naik Mobil Miliaran Rupiah
Artikel Selanjutnya
Pindah ke Everton, Wayne Rooney Jual BMW i8 Kesayangannya