Tips Agar Mobil Hemat BBM

  • Tips n Trick
  • 0
  • 10 Mar 2011 08:30
Liputan6.com, Jakarta: Sebentar pemerintah akan menerapkan pembatasan BBM bersubsidi. Itu artinya mobil pribadi tak berhak mendapat kan subsidi BBM atau tidak diperbolehkan membeli BBM bersubsidi. Jadi kini saatnya mulai menerapkan kebiasaan mengemudi yang hemat BBM. Terdapat 10 tips seperti dikumpulkan oleh lamaan web autoexpress yaitu :

Berpikirlah soal aerodinamik

Roof rack yang lebih sering cuma jadi pemanis untuk sebuah kendaraan, namun demi menghemat bahan bakar, sebaiknya diturunkan sehingga mengurangi hambatan udara saat kendaraan melaju.

Jaga kebersihan
Interior yang bersih bukan cuma nyaman dilihat tapi juga bisa mengurangi konsumsi BBM. Kok bisa? tentu saja bisa dengan cara menurunkan benda-benda atau sampah yang selama ini menambah beban kendaraan. Makin ringan kendaraan, makin enteng mesin bekerja, makin hemat BBM.

Periksa ban
Ban yang kurang angin dapat memboroskan BBM hingga 3 persen selain memperbesar risiko meletus.

AC seperlunya
Pemakaian pengatur suhu udara tentu saja memerlukan tambahan konsumsi BBM, jadi bijaksanalah menggunakannya. Kaca kendaraan lebih baik dalam selalu keadaan tertutup karena kaca terbuka akan menyebabkan extra drag.

Perhatikan pindah gigi

Saat pindah gigi atau perseneling ketika RPM mencapai 2.500 (mesin bensin) dan 2.000 (mesin diesel) untuk menghindari penggunaan tak perlu dari BBM.

Matikan mesin saat macet dan lampu merah
Selain menghemat BBM, langkah ini juga mengurangi polusi udara yang kita hirup.

Pikirkan transportasi lain
Apakah anda harus menggunakan kendaraan roda empat? bagaimana dengan bus kota, Angkot, bersepeda atau bahkan jalan kaki kadang-kadang bisa lebih cepat dibandingkan terjebak lalu lintas di kendaraan sendiri.

Rencanakan rute
Ketahui pasti rute yang akan kita lalui termasuk menghindari kemacetan atau proyek fisik yang menggunakan jalan.

Fokus ke jalan

Jika kita selalu bisa mengantisipasi keadaan di depan jalan, kita bisa mengurangi rem mendadak atau tancap gas yang membuang energi serta BBM.

Hanya untuk jarak jauh
Mesin kendaraan ternyata paling boros BBM dan paling mencemari udara ketika dalam tahap pemanasan. Jadi, kenapa harus menggunakannya untuk jarak dekat. Jalan atau bersepeda bisa jadi pilihan. (ARI)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler