Sukses

Skutik Ini Cocok untuk Terjang Banjir

Gibss, perusahaan yang bermarkas di Michigan, Amerika Serikat membuat sepeda motor amfibi yang disebut Biski.

Liputan6.com, Michigan - Gibss, perusahaan yang bermarkas di Michigan, Amerika Serikat telah berhasil membuat kendaraan amfibi di dua alam yang disebut Biski.

Ya, Biski merupakan sebuah sepeda motor amfibi, di mana ketika berada di darat dia hanya akan menjadi sebuah skuter. Namun saat di perairan atasu situasi banjir sekalipun, skuter ini akan berubah menjadi jetski. Demikian dilansir rideapart, Rabu (24/1/2018).

 

Menariknya, untuk mengganti mode skuter ke sebuah jetski pengendara hanya perlu menggunakan satu sentuhan di bagian tombol depan.

Jika melihat bodinya, memang skuter yang satu ini terlihat gambot. Bahkan panel-panel bodi yang berbahan serat karbon dibuat tertutup rapat sehingga terlihat menggelembung mulai dari sayap depan hingga bagian bodi belakang.

Secara total, bobot Biski dibuat cukup ringan, yaitu hanya 227 kg.

Namun karena bisa menjadi sepeda motor di darat, tentunya sepeda motor ini telah dilengkapi kaki-kaki lengkap mulai dari pelek dibalut ban, serta telah menggunakan rem cakram.

Tentu saja, bodi yang bongsor ini sengaja dirancang agar Gibski dapat mengapung di atas air. Gibss Biski memiliki ukuran panjang 2.349 mm, wheelbase 1.791 mm, dan ground clearance hanya 152,4 mm. Skuter amfibi ini tersedia untuk solo riding, dengan tambahan jok opsional untuk penumpangnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Mesin

Karena Biski dirancang sebagai kendaraan amfibi, tentu saja jantung pacunya menggendong dua mesin.

Selain itu, sistem pembuangan Biski terdapat empat buah yang di pasang dua di atas roda belakang yang berfungsi saat melakukan perjalanan di darat, dan dua lainnya di bagian kolong motor ketika melaju di air.

Di atas kertas, Biski dibenamkan mesin dua silinder berteknologi dual jet yang mampu memuntahkan daya hingga 55 Tk.

Dengan mesin tersebut, skuter ini mampu melaju dengan 130 km/jam. Sementara ketika berada di air, kecepatannya mencapai 80 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.