Sukses

Begini Cara Merawat Material Kulit Supaya Tetap Terlihat Mewah

Material kulit pada interior mobil harus dirawat agar tetap terlihat mewah dan tidak kusam.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik kendaraan, untuk menambah kenyamanan serta kesan mewah di kabin mobil, salah satu caranya dengan mengganti interior dengan bahan kulit, seperti jok kulit dan dashboard.

Namun, untuk pemakaian material kulit di interior, memang harus dirawat agar tetap terlihat mewah dan tidak kusam.

Bahkan, untuk merawat material berbahan kulit, pemilik mobil harus menghindari benda yang dapat merusak lapisan kulit, membersihkan, serta menjaga kelembabannya.

Berikut, seperti dilansir pressroomtoyotaastra, ditulis Senin (29/1/2018), empat cara sederhana merawat material kulit:

1. Hindari benda berbahaya bagi material kulit

Kendaraan berbalut material kulit, sebaiknya mendapatkan perhatian lebih, terutama pada saat meletakkan barang bawaan dalam berkendara. Sebaiknya, material kulit terhindar dari bahan abrasif.

Bahan abrasif merupakan bahan alami atau sintetis yang relatif keras, untuk mengasah atau menggosok benda yang lebih lunak. Bahan abrasif yang dapat merusak material kulit antara lain benda tajam, cairan kimia, dan batu-batu kecil.

2. Bersihkan dengan vacuum cleaner

Untuk mengangkat debu serta batu kecil yang sulit dijangkau, baiknya gunakan vacuum cleaner disertai dengan sikat berbulu halus. Lakukan secara rutin setidaknya satu kali dalam satu bulan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Gunakan cairan kondisioner dan pembersih berbahan UV protector

Kelembaban merupakan faktor utama dalam menjaga keutuhan material kulit. Oleh karena itu, hindari terkena matahari secara langsung untuk menghindari kekeringan.

Untuk melindungi hal tersebut, dengan air hangat dan sabun ringan dengan pH antara 3-3,5, serta dioptimalkan dengan penggunaan pelembab khusus kulit berbahan alami. Selain itu, hindari pelembab berbahan dasar vinyl dan minyak.

4. Gunakan lap berbahan microfiber

Tidak hanya membutuhkan cairan pembersih serta pelembab yang tepat, pemilihan bahan lap juga harus sesuai. Bahan lap yang direkomendasikan yaitu berbahan microfiber.

Microfiber terbuat dari bahan polyster dengan tingkat kelembutan lebih dari 1 decitex (den). Bahan ini, memiliki karakteristik serat yang sesuai kebutuhan termasuk pada tingkat kelembutan, ketahanan, penyerapan, dan penyaringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.