Sukses

Di Masa Depan, Anda Bisa Ditilang Mobil Polisi Nirsopir

Liputan6.com, Michigan Semakin berkembangnya teknologi mobil nirsopir dan juga infrastruktur yang dipersiapkan, hanya tinggal menunggu waktu saja mobil penegak hukum mengadopsi sistem nirsopir.

Hal ini bisa menjadi kenyataan, karena Ford mendaftarkan hak paten ke U.S. Patent and Trademark Office (USPTO). Hak paten tersebut adalah mobil polisi nirsopir.

Dilansir Autoevolution, mengejar pengendara ugal-ugalan bukanlah satu-satunya pekerjaan yang harus dilakukan oleh mobil polisi nirsopir ini. Mobil tersebut dapat menangkap sinyal pelanggaran yang dilakukan oleh 'kendaraan pertama'. Setelah itu, mobil polisi nirsopir dapat mengejar 'mobil pertama' tersebut.

Saat pengejaran, mobil polisi nirsopir akan memberikan peringatan kepada mobil yang dikejar, mengidentifikasi pemilik mobil, dan menilang sang pelanggar.

Tujuan Ford adalah menjalankan rutinitas harian satuan polisi, seperti menilang kendaraan yang ugal-ugalan atau melanggar rambu lalu lintas. Pengajuan hak paten ini dilakukan pada 12 Juli 2016 lalu dan dipublikasikan 18 Januari 2018. Ford Global Technologies dan empat penemu lainnya diketahui sebagai pendaftar teknologi ini.

Belum diketahui secara pasti sejauh apa Ford mengembangkan teknologi ini.

1 dari 3 halaman

Toyota Siapkan Kendaraan Nirsopir, Seberapa Canggih?

Mengikuti gelaran Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas pekan depan, Toyota siap pamer mobil tanpa supir alias autonomous baru. Mobil nirsopir ini, dikembangkan oleh Toyota Research Institute (TRI), perusahaan riset kecerdasan milik raksasa Jepang tersebut.

Berbasis Lexus LS 600hL, platform 3.0 ini memiliki kemampuan teknologi yang ditingkatkan dengan desain yang lebih harmonis. Mobil ini, juga dikembangkan dengan konfigurasi sensor, yang meningkatkan pengenalan situasi di sekitarnya.

Melansir Paultan, sistem luminar LIDAR dengan jangkauan jarak 200 meter, yang dahulu hanya di bagian depan, kini terdapat di seluruh mobil sebanyak 360 derajat. Sistem ini, mendapatkan empat kepala pemindai LIDAR berdefinisi tinggi.

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, sensor LIDAR jarak pendek dipasang pada bumper depan dan belakang, serta sepatbor depan. Sistem ini, mampu mendeteksi sesuatu yang lebih kecil,seperti anak kecil di jalan.

Dengan sistem tersebut, TRI mengklaim mobil paket sensor tersebut menjadikan mobil ini sebagai salah satu kendaraan uji coba yang paling tanggap di jalan raya.

Untuk mengembangkan paket sensor ini, perusahaan tersebut bekerja sama dengan Toyota Motor North America (TMNA) untuk menyembunyikan sensor dan kamera. Panel atap mobil ini, juga didesain tahan cuaca dan suhu, dengan memanfaatkan ruang di kompartemen sunroof.

Produksi skala kecil platform 3.0 akan dimulai pada musim semi di Prototype Development Centre, di markas riset dan pengembangan TMNA ​​di York Township, Michigan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Top3: Tenaga Dalam Emak-Emak dan Aksesori Kekinian
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Brad Pitt dan Lowongan Kerja Honda