Sukses

Beredar Luas Foto Penampakan Esemka Garuda 1

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini foto mobil yang diduga calon mobil nasional (mobnas) Esemka beredar di aplikasi chatting Whatsapp. Sport utility vehicle (SUV) kelir putih itu tengah digendong truk towing di sebuah jalanan dengan kondisi macet.

Foto yang Liputan6.com dapatkan hanya menampilkan bagian belakang dan samping saja. Tentu saja penampakan bagian depan yang tak terlihat membuat penasaran.

Dari belakang terlihat jelas identitas mobil ini karena tampak logo yang berada di antara lampu belakang.

Pada bagian pojok kiri bawah pintu belakang terdapat emblem "Esemka", sedangkan di pojok kanannya tersemat emblem "Garuda 1".

Sisi samping mobil Esemka tampak dilengkapi footstep dan menggunakan pelek multipalang kelir silver. Sementara pada spion yang terlihat dilipat itu sudah dilengkapi lampu sein.

1 dari 3 halaman

3 Mobil Esemka yang Bisa Dipesan Online

Nama Esemka kembali mencuat ke permukaan lantaran salah satu mobil tersebut tertangkap kamera sedang diuji coba. Disebutkan pada berita di Otomtoif Liputan6.com (26/9/17), mobil Esemka ini adalah jenis double cabin dengan nama Digdaya.

Mobil ini tertangkap kamera dengan balutan warna putih dan menggunakan pelat nomor AD 9130 XO. Jika menilik huruf depan "AD", tidak menutup kemungkinan Digdaya diuji coba di daerah Solo, asal mobil Esemka.

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, Esemka memiliki sejumlah akun media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Ketiga akun ini digunakan Esemka untuk bersosialisasi.

Salah satu yang cukup mencengangkan terdapat pada akun Instagram @esemka_indonesia.

Bagaimana tidak, ternyata dalam salah satu unggahannya, admin @esemka_indonesia berkomentar Esemka sudah bisa dipesan. Konsumen bisa melakukan pemesanan mobil Esemka dengan cara mengisi formulir dengan link ini.

Foto tersebut dan komentarnya ternyata telah diunggah pada Mei 2017 lalu.

Dari formulir pemesanan juga terungkap, Esemka saat ini hanya akan memasarkan kendaraan di kelas komersial.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Seperti yang tercatat, pikap kabin ganda Esemka Digdaya akan mengusung mesin berkapasitas 2.0 liter. Kendati begitu, konsumen juga bisa memesan dua model mobil Esemka lainnya.

Adalah Esemka Bima 1.3 liter. Mobil ini merupakan jenis komersial seperti pikap. Esemka Bima bisa saja bersaing dengan beberapa mobil di kelasnya yang saat ini ramah dihuni Daihatsu Gran Max dan juga Suzuki Carry.

Adapun mobil lainnya adalah Borneo 27 D jenis minibus. Jika melihat angka dan huruf tersebut kemungkinan mobil ini berkapasitas mesin 2,7 liter dengan mesin diesel.

Jika benar dengan mesin 2,7 liter, mobil tersebut bukan tak mungkin akan mirip dengan sebuah van.

Artikel Selanjutnya
Mobil Ramah Lingkungan yang Lebih Irit dari Mobil Listrik
Artikel Selanjutnya
Top3: Motor Jokowi dan Angel Lelga