Sukses

Esemka Garuda 1, Kloningan Foday Landfort dari Tiongkok?

Mobil nasional (mobnas) Esemka Garuda 1 mulai beredar lagi di dunia maya. Desainnya terlihat mirip dengan SUV Tiongkok, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama tidak terdengar namanya, merek yang digadang-gadang bakal menjadi mobil nasional (mobnas), Esemka, kembali muncul di publik. Dari foto yang beredar di aplikasi pesan elektronik, mobil yang kini heboh memiliki bentuk sport utility vehicle (SUV).

Terlihat, SUV berkelir putih ini tengah digendong truk towing di sebuah jalanan dengan kondisi macet.

Untuk foto yang Liputan6.com dapatkan, hanya terlihat bagian buritan dan sampingnya saja. Namun, logo Esemka memang terlihat jelas berada di antara lampu belakang.

Sementara itu, untuk bagian pojok kiri bawah pintu belakang terdapat emblem Esemka, dan pojok kanannya ada emblem Garuda 1.

Sisi samping mobil Esemka tampak dilengkapi footstep dan menggunakan pelek multipalang kelir silver. Sementara pada spion yang terlihat dilipat itu sudah dilengkapi lampu sein.

Dari segi tampilan, Esemka Garuda 1 ini memang terlihat gagah. Namun, jika dilihat secara mendetail, mobil ini terlihat memiliki kesamaan desain dengan mobil asal Tiongkok, Foday Landfort.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Memang, jika dilihat dari belakang, Foday Landfort memiliki desain pintu, lampu belakang, dan penempatan logo serta emblem yang sama dengan Esemka Garuda 1.

Untuk diketahui, Foday Landfort memiliki mesin bensin berkapasitas 2,4 liter dan mesin diesel 1,9 liter. Mobil ini juga memiliki pilihan sistem penggerak all wheel drive (AWD) dan rear wheel drive (RWD).

Hingga berita ini dibuat, Liputan6.com masih berusaha untuk menghubungi pihak PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), perusahaan gabungan antara PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), sebagai produsen mobil Esemka.

Namun, pihak ACEH sendiri masih belum memberikan keterangan terkait Esemka Digdaya tersebut, ataupun menjawab pesan elektronik yang dikirim Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.