Sukses

Mobil Tiba-Tiba Mogok, Dua Hal Ini Biasanya Jadi Biang Keladi

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pemilik akun Facebook bernama Felia Siahaan mengungkapkan rasa terima kasih kepada Ditlantas Polda Metro Jaya khususnya AKP Sri Pamuncak beserta rekan-rekan. Hal ini lantaran dirinya mendapatkan pertolongan saat mobilnya tiba-tiba mogok ketika hendak mengantarkan sang ibu dari rumahnya di Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, menuju Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (30/2/2018).

Pertolongan yang diberikan para petugas polisi ini diketahui setelah mobil yang dikendarai Felia yaitu Honda Jazz tiba-tiba mati di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Panik karena mobil tak kunjung menyala, ditambah bunyi klakson dari sejumlah mobil di belakang, membuat sejumlah anggota kepolisian lalu lintas datang menghampiri Felia. Singkat cerita, Felia langsung diantar dengan pengawalan voorijder.

Nah, di luar konteks mobil mogok perjalanan menuju rumah sakit dan pertolongan polisi, maka bicara soal kendaraan yang tiba-tiba mati di jalan saat dikendarai, ternyata ada beberapa penyebabnya.

 

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Menurut pemilik bengkel Berkah Jaya Matik, Asep, mobil yang mati tiba-tiba biasanya terjadi lantasan bagian filter pada bahan bakar.

“Filter bensin mampat jadi pompa mati. Paling itu yang sering kalau mati di jalan itu, karena pompa bensin tidak bekerja,” ucap Asep yang memiliki bengkel di kawasan Depok, Jawa Barat, kepada Liputan6.com, Jumat (2/2/2018).

Jika hal ini terjadi, dapat dipastikan pembakaran akan terganggu. Selain itu, kerap tertipu oleh indikator bahan bakar yang ternyata sudah kosong.

Bukan tak mungkin pelampung bahan bakar mobil macet karena benturan atau penyok, atau pompa bensin rusak sehingga bensin tidak menyuplai ke mesin.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Namun kata Asep, selain masalah filter bahan bakar, mobil yang tiba-tiba mati bisa dikarenakan mesin overheat atau  panas tinggi.

Seperti diketahui, apabila terkait mesin overheat maka hal itu bisa terjadi pada bagian radiator yang kekurangan air. Bisa jadi pemilik mobil lupa mengisi air.

Namun bukan tak mungkin air radiator habis karena mengalami kebocoran atau selang radiator pecah. Selain itu bisa saja kipas radiator tidak mau berputar, serta water pump putus.

“Kalau kelistrikan jarang, tapi paling kalau aki lemah bisa, dan aki tidak ngisi. Tapi kalau mobil tiba-tiba mati mendadak jarang (dari kelistrikan). Yang paling sering karena filter bahan bakar atau overheat,” tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Usai Anjlok, 3 Gerbong Kereta Argo Parahyangan Belum Beroperasi
Artikel Selanjutnya
Top3: Tenaga Dalam Emak-Emak dan Aksesori Kekinian