Sukses

Wuling Cortez Resmi Saingi Toyota Innova, Termahal Rp 264 Juta

Liputan6.com, Jakarta Wuling Cortez resmi meluncur. Pesaing Toyota Kijang Innova ini diperkenalkan Wuling Motors di Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (8/2/2018).

Wuling Cortez memang menjadi salah satu model yang ditunggu tahun ini. Pasalnya, dengan status sebagai penantang salah satu MPV medium mapan di Tanah Air, yaitu Toyota Kijang Innova, model dari Negeri Tirai Bambu ini memiliki segudang fitur yang sangat menarik.

Berbicara spesifikasi, Wuling Confero memiliki dimensi panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm, dan tinggi 1.755 mm. Berdasarkan dimensi tersebut, diperkirakan mobil ini memiki kabin yang lapang.

Untuk jantung penggeraknya, Wuling Cortez dipersenjatai dengan mesin DOHC empat silinder berkapasitas 1.798cc.

Dengan unit tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya 129 Tk pada 5.600 rpm, dan torsi maksimum sebesar 174 Nm pada 3.600 sampai 4.600 rpm.

Untuk fitur keselamatan dan keamanan, Wuling Cortez dibekali berbagai fitur canggih, seperti electric parking brake, yaitu rem tangan modern yang beroperasi secara elektrik. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup menarik ke atas tombol di sisi bawah transmisi.

Lalu ada automatic vehicle holding, yaitu pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti di jalan menanjak, menurun, ataupun datar, kemudian fitur ABS, EBD, dan brake assist (BA).

Kemudian terdapat hill hold control (HHC), yang berfungsi mempertahankan posisi mobil saat stop and go di tanjakan selama beberapa detik, electronic stability control (ESC), traction control system (TCS), Isofix, tire pressure monitoring system (TPMS), immobilizer, dual SRS airbags, dan two side airbags baris pertama.

Selain itu, terdapat juga kamera parkir belakang, dua sensor parkir di depan, dan empat sensor di belakang.

Untuk harga dan tipe, Wuling Cortez ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 218 - 264 juta on the road Jakarta.

 

1 dari 3 halaman

Varian dan Harga

Berikut adalah varian dan harga Wuling Cortez:

Cortez 1.8C 6MT Rp 218 juta

Cortez 1.8C i-AMT Rp 228 juta

Cortez 1.8C Lux+ i-AMT Rp 233 juta

Cortez 1.8L Lux+ 6MT Rp 254 juta

Cortez 1.8L Lux+ i-AMT Rp 264 juta

2 dari 3 halaman

Transmisi i-AMT Wuling Cortez Canggih dan Minim Biaya Perawatan

Wuling Cortez bakal meramaikan pasar otomotif nasional mulai tahun depan. MPV yang disebut-sebut sebagai calon penantang Toyota Kijang Innova ini hadir dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.

Vice President VSSM Wuling Motors Cindy Cai menyebut, berbeda dengan transmisi AMT pada umumnya, transmisi i-AMT yang digunakan Cortez memiliki respons yang baik dan hampir tidak ada selip. Tidak cuma itu, biaya perawatannya juga lebih terjangkau dibanding transmisi otomatis konvensional.

"Transmisi otomatis konvensional dilengkapi dengan pelumas ATF yang harus diganti secara berkala. Kalau transmisi i-AMT tidak ada pelumas ATF-nya, jadi biaya perawatan lebih murah," terang Cindy dalam keterangan resminya, Selasa, (26/12/2017).

 Sekadar informasi, i-AMT milik Wuling Cortez merupakan pengembangan khusus dari Aisin-Warner yang tak lain adalah pemasok drivetrain OEM (Original Equipment Manufacturer) ke berbagai pabrikan mobil Jepang hingga Eropa, seperti Toyota, Mitsubishi, Nissan, Mini, Volvo, Ford, dan Chrysler.

Pengembangan khusus tersebut dilakukan pada pengontrol modulnya. AMT dikendalikan oleh TCM (Transmission Control Module) yang berfungsi untuk mengontrol clutch motor, shift motor, dan selector motor.

Di Cortez sendiri, perangkat TCM sudah mendapat sentuhan khusus agar menghasilkan output yang maksimal.

Artikel Selanjutnya
Pemain Baru, Wuling Nikmati Masa Bulan Madu
Artikel Selanjutnya
Daihatsu Terios Baru Tembus 4 Ribu Unit, Tipe Apa Terfavorit?