Sukses

Cara Anggota Toyota Agya Club Mengatasi Masalah Ngelitik

Liputan6.com, Jakarta - Sering kali kita mendengar suara mesin mobil ngelitik. Hal yang dalam kamus otomotif disebut knocking terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna. Timing pembakaran bahan bakar di dalam mesin tidak sesuai jadwalnya. Hal ini juga sempat menjadi keluhan pengendara Toyota Agya.

Seperti yang diungkapkan Ketua Umum Toyota Agya Club (TAC), Lukman Hakim, bahwa pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai bisa menjadi penyebab mobil ngelitik. 

"Biasanya karena bahan bakarnya gak sesuai. Tooyota Agya itu kan harus (pakai) RON 92 kalau RON di bawahnya pasti ngelitik. Misalnya pakai Premium itu kalau dibejek pasti ngelitik. Kalau kita pakai Pertamax sesuai bawaan pabrik itu enggak akan ngelitik," kata Lukman di kawasan Kelapa Gading, Kamis (8/2/2018).

Ia mengingatkan agar para pengguna Toyota Agya bisa mengisi bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesinnya.

"Saya sarankan pakai bahan bakar yang sesuai dengan spek engine-nya karena kompresi Toyota Agya agak lumayan tinggi, sekitar 10 berapa gitu kurang lebih. Itu sudah range-nya Pertamax," ujarnya.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lukman juga mengatakan bahwa Toyota Agya yang baru kini terdapat stiker RON 92 yang menandakan memang harus menggunakan bahan bakar Pertamax.

"Jadi kalau dia mau pakai Premium atau Pertalite ya konsekuensinya gitu (ngelitik)," kata Lukman.

Jika pengguna Agya tetap masih menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai, menurutnya akan ada efek jangka panjang terhadap kendaraannya.

"Tarikan sudah pasti kurang dan akan lebih boros karena memang gak sesuai speknya di pembakaran," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pemain Baru, Wuling Nikmati Masa Bulan Madu
Artikel Selanjutnya
Daihatsu Terios Baru Tembus 4 Ribu Unit, Tipe Apa Terfavorit?