Sukses

Fitur-Fitur Canggih yang Memanjakan Lansia Saat Mengemudi

Liputan6.com, Jakarta- Beragam Fitur canggih dirancang untuk mempermudah pengendara maupun memanjakan para penumpang di dalam mobil.

Namun tahukah Anda, bahwa fitur yang dibenamkan pada mobil-mobil keluaran terbaru juga bisa sangat membantu bagi kaum lansia, baik itu pengemudi maupun penumpang.  

Sepertdi dilansir Motor1, Minggu (11/2/2018), berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Automobile Association (AAA), tercatat 70 persen pengendara mobil yang berusia 65 tahun atau lebih, kerap terserang penyakit, baik itu arthritis ataupun kehilangan ketajaman visual. Tentu saja hal ini sangat tidak menguntungkan bagi mereka.

Bahkan, orang tua dengan usia di atas 55-64 tahun lebih memungkinkan meninggal dunia dalam kecelakaan. Sedangkan risiko akan meningkat empat kali lipat jika pengendara di atas 85 tahun.

Karena itu, salah satu proyek yang kini banyak diterapakan para pabrikan otomotif sendiri nyatanya memang menawarkan mobil dengan fitur-fitur lengkap agar kendaraan bisa lebih aman dan nyaman.

Nah, mau tahu fitur apa saja yang cocok digunakan untuk kaum manula:

 

1 dari 15 halaman

Forward Auto-Braking

Meski saat ini banyak mobil dibenamkan fitur peringatan tabrakan, namun dengan fitur auto braking atau pengereman otomatis dianggap bisa menjadi penyelamat agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Terlebih bagi mereka yang telat mendeteksi objek dari depan, karena pengemudi tidak atau telat menyadarinya.

2 dari 15 halaman

Blind Spot/Lane Departure Warning

Fitur ini akan membantu pengemudi dengan cara memberikan peringatan jika ada kendaraan lain yang tidak terlihat. Fitur ini juga memberi tahu jika Anda mulai keluar dari marka jalan atau garis putih.

 

3 dari 15 halaman

Adaptive Cruise Control

Fitur ini berfungsi untuk mengatur atau mempertahankan kecepatan secara otomatis, demikian juga dapat mengurangi kecepatan jika kendaraaan di depan ikut melambat.

 

4 dari 15 halaman

Adaptive Headlamps

Fitur ini dapat membantu mobil dalam hal penglihatan khususnya saat malam hari. Pasalnya, pancaran sinar lampu depan akan ikut mengarah ke jalan saat belok. Hal ini membuat jarak pandang pengemudi lebih jauh dan lebih jelas di malam hari.

 

5 dari 15 halaman

Automatic Day/ Night Mirrors

Fitur ini mampu mereduksi cahaya yang menyilaukan dari pantulan kaca spion. Hal ini akan sangat membantu ketika malam hari.

 

6 dari 15 halaman

Extendable Sun Visors

Fitur ini dapat mengurangi silaunya sinar matahari. Pastinya hal ini sangat berguna ketika mengemudi siang hari.

 

7 dari 15 halaman

GPS Navigation System

Fitur yang satu ini memang sudah banyak diterapkan pada mobil bahkan telepon genggam. Ya, GPS sangat membantu ketika mencari jalan tujuan, terlebih jika melewati jalan yang tidak dikenal

 

8 dari 15 halaman

Self-Parking System

Fitur ini akan sangat berguna ketika melakukan parkir pararel. Anda hanya perlu menginjak pedal rem dan menggeser tuas transmisi. Sedangkan lingkar kemudi akan beroperasi secara otomatis.

 

9 dari 15 halaman

Parking Aids

Fitur ini juga sangat membantu pengemudi ketika akan parkir, yaitu dengan tambahan sebuah kamera, dan pengemudi dapat melihatnya di layar. Saat ini ada juga mobil yang telah menggunakan fitur ini dengan pemadangan 360 derajat.

 

 

10 dari 15 halaman

Adjustable Steering Wheel

Fitur ini dapat memberikan kenyamanan berkendara karena posisi lingkar kemudi dapat diatur sesuai posisi duduk.

 

11 dari 15 halaman

Digital Speedometer Display

Fitur ini dapat memberikan informasi yang jelas kepada pengemudi saat melakukan perjalanan mengenai kecepatan saat berkendara. Terlebih lagi dengan pencahayaan yang pas.

 

12 dari 15 halaman

Heated Steering Wheel

Bagi negara yang mengalami musim dingin, fitur ini sangat membantu. Sebab fitur heated steering wheel memang dibenamkan pada bagian lingkar kemudi, alhasil dengan fitur ini maka tangan atau jari jadi tidak kaku karena kedinginan.

 

13 dari 15 halaman

Heated Seats

Fungsi fitur ini sama seperti Heated Steering Wheel. Hanya saja letaknya dibagian jok. Ya, dengan fitur ini maka saat musim dingin jok akan terasa lebih hangat.

14 dari 15 halaman

Proximity Key With Push button Entry/Start

Fitur ini sangat berguna, karena pengemudi hanya tinggal menekan tombol entry atau start. Selain mudah digunakan, maka orang tua yang merasa sakit pada jari tak perlu repot mencari lubang dan memutar kunci. Sedangkan dengan fitur ini kunci mobil cukup dimasukan ke dalam kantong.

Artikel Selanjutnya
Hindari Phishing, Apple Tingkatkan Keamanan di iOS dan MacOS
Artikel Selanjutnya
Suzuki e-Survivor, Harmonisasi Desain Futuristik dan Retro