Sukses

Sambut Euro 4, Truk Mitsubishi Siap Pakai Mesin Baru

Liputan6.com, Jakarta - Terkait rencana pemerintah menetapkan standar emisi Euro4 melalui Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan No 20/Setjen/Kum.1/3/2017 yang sudah diterbitkan pada 10 Maret 2017, PT Krama Yudha tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation mengaku sudah menyiapkan mesin Euro4.

"Kita sudah siapkan. Artinya, sudah dalam proses ke sana. Pada 2021 saat sudah beralih ke Euro 4, Insya Allah kita siap," kata Direktur Sales & Marketing KTB Duljatmono di Jakarta, Senin (12/2).

Menurutnya, Fuso masih harus melakukan beberapa persiapan untuk bisa menghasilkan kendaraan dengan standar emisi gas buang Euro 4.

Mulai dari pengembangan mesin baru, peningkatan fasilitas pabrik, pengetesan, hingga penyesuaian layanan purna jual. Nantinya, mesin Euro 4 akan dirakit di Indonesia.

"Produknya tidak dari India, perakitannya dilakukan di Indonesia. Kami prioritaskan untuk Light Duty Truck (LDT) dan Medium Duty Truck (MDT)," ungkapnya.

 

1 dari 2 halaman

Mesin Baru

Untuk diketahui, pemberlakuan peraturan Euro4 akan dilakukan secara bertahap. Untuk standar emisi Euro 4 kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar bensin, mulai 10 Oktober 2018.

Sedangkan untuk kendaraan bermotor tipe baru dan yang sedang diproduksi berbahan bakar Diesel mulai diberlakukan 10 Maret 2021.

Aturan tersebut mengharuskan kendaraan yang dijual di Indonesia menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan spesifikasi standar Euro 4. Saat ini Indonesia masih menerapkan standar Euro 2 sejak 2005.

Artikel Selanjutnya
Pemain Baru, Wuling Nikmati Masa Bulan Madu
Artikel Selanjutnya
Daihatsu Terios Baru Tembus 4 Ribu Unit, Tipe Apa Terfavorit?