Sukses

Ngilu, Range Rover Bisa Sampai ke Pintu Surga di Cina

Liputan6.com, Beijing - Uji performa, new Range Rover Sport Plug-in Hybrid berhasil melintasi 99 kelokan dengan tikungan-tikungan tajam yang biasa dikenal dengan Dragon Road di Tianmen Road, China. Jalur ini berakhir dengan puncak yang dinamakan Heaven's Gate (Pintu Surga). Dragon Road sepanjang tujuh mil ini membentang di Gunung Tianmen sebelum akhirnya sampai pada 'Pintu Surga' tersebut.

Dilansir dari Motor1, ini adalah tantangan pertama Range Rover Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) untuk menguji kinerja dan kemampuannya dengan ketinggian yang baru. Tantangan ini disebut sebagai Dragon Challenge.

Untuk sampai ke Heaven's Gate, selain harus melewati 99 kelokan, Anda harus melintasi 999 anak tangga yang berada pada sudut kemiringan 45 derajat.

Pembalap profesional yang tergabung dalam Panasonic Jaguar Racing, dan berpengalaman di Formula-E serta pemenang balapan Le Mans, Ho-Pin Tung, dipilih sebagai orang yang beruntung menjajal jalur ekstrem tersebut dengan menggunakan Range Rover Sport P400e standar pabrikan itu.

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

Ho-Pin memanfaatkan sepenuhnya semua tenaga yang dikeluarkan dari mesin bensin Ingenium SUV dan motor listrik yang berada di mobil tersebut. Range Rover Sport PHEV ini menghasilkan daya 398 tk dan torsi 640 Nm. Untuk melesat dari keadaan diam 0 hingga 96 km/jam hanya membutuhkan waktu 6,3 detik.

Range Rover yang digunakan sudah dipasangi Terrain Response system untuk mengoptimalkan performa pada masing-masing roda secara individual. Sistem penggerak all wheel drive canggih ini telah diuji coba di padang pasir, rawa dan badai salju di Arctic (Kutub Utara).

"Saya berpengalaman di Formula E, Formula 1 dan menang di 24 Hours of Le Mans tapi ini adalah salah satu tantangan berkendara paling berat yang pernah saya hadapi. Range Rover Sport PHEV tampil gemilang," kata Ho-Pin.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dalam pemakaian sehari-hari, Sport PHEV P400e dapat berjalan dalam mode listrik murni selama 31 mil (50 kilometer). Pengisian daya untuk jenis Range Rover baru ini menggunakan pengisi daya Tipe 2 (dengan muatan khas 7 kW) yang memakan waktu 2 jam 45 menit.

Dalam Dragon Challenge ini, bukan perkara mudah menaiki jalur dengan permukaan anak tangga yang memiliki kemiringan sangat curam tersebut. Pastinya permukaan tangga tidak memberi grip maksimal ke ban RR Sport. Piranti off-road yang canggih, Terrain Response system menjadi kendali utama dan disetel di mode Dynamic. Di sinilah sistem off-road cerdas ini diuji. 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

SUV hibrida ini nyatanya mampu mencapai puncak tantangan yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan. Dengan jalur 99 tikungan, 999 anak tangga (45 derajat) dan manuver yang lambat di bagian bawah tangga.

Dalam kombinasi kemampuan yakni kekuatan hibrida yang tak tergoyahkan dan juga keterampilan Ho-Pin sebagai pengemudi, akhirnya mampu menyelesaikan tantangan ekstrem ini dalam waktu 22 menit 41 detik yang mengesankan. 

Itu adalah kekuatan dan performa sejati dari New Range Rover Sport Plug-In Hybrid yang memungkinkan tim berhasil menaklukkan The Dragon Challenge, menjadikannya kendaraan pertama di dunia yang berhasil menyelesaikan 99 tikungan dan 999 langkah di Gunung Tianmen, China.

Artikel Selanjutnya
Top3: Tenaga Dalam Emak-Emak dan Aksesori Kekinian
Artikel Selanjutnya
Suzuki e-Survivor, Harmonisasi Desain Futuristik dan Retro