Sukses

Mau Beristirahat Nyaman di Dalam Mobil? Simak 9 Tipsnya

Setidaknya ada 9 tips jika Anda ingin beristirahat dengan nyaman di dalam mobil. Yuk disimak.

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara mobil jarak jauh atau saat macet pasti akan membuat tubuh terasa letih. Menguap, mungkin salah satu tanda bahwa kondisi tubuh sudah mulai menurun dan perlu istirahat.

Tentu saja, jika hal di atas terjadi, disarankan tidak memaksakan diri. Ada baiknya untuk menepi atau beristirahat agar tubuh Anda kembali bugar. Minimal tidak lagi mengantuk.

Seperti dilansir situs resmi Nissan, jika mengalami keletihan saat mengemudi ada baiknya Anda beristirahat sejenak di mobil selama kurang lebih 30 menit.

Pasalnya, tak sedikit kecelakaan yang terjadi lantaran mereka mengemudi dalam keadaan mengantuk. Hal ini justru mengancam tak hanya si pengemudi namun orang lain.

Namun, ada beberapa hal yang juga yang perlu dipertimbangkan saat beristirahat, antara lain:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Cari Lokasi Aman

Carilah lokasi yang aman untuk parkir mobil. Seperti tempat parkir atau halaman di tempat-tempat keramaian seperti masjid, restoran, sekolah, kampus, mall, SPBU, mini market, dan rest area. 

 

 

 

3 dari 10 halaman

2. Menghindari Tempat Berisiko

Jangan sembarangan beristirahat di bahu jalan atau di pinggir jalan dengan kondisi ban menyentuh aspal bahu. Hal ini berisiko dapat ditabrak atau diserempet kendaraan lain yang melintas.

Tempat sepi seperti pinggir taman, hutan, dan bangunan kosong juga harusdihindari karena tempat ini rawan perampokan dan pencurian.

 

4 dari 10 halaman

3. Sembunyikan Barang Berharga

Sembunyikan barang bawaan Anda yang mengundang orang-orang berniat jahat. Simpan dompet, tas, HP, uang, dan sebagainya di bawah kursi dan laci mobil.

Kosongkan semua barang di dashboard karena tempat ini paling mudah terlihat dari luar.

5 dari 10 halaman

4. Buka Jendela

Buka jendela sedikit saja untuk menjaga sirkulasi udara. Buka jendala yang cukup untuk pergantian udara namun tidak melebihi dua jari Anda.

6 dari 10 halaman

5. Matikan Mesin dan AC

Ada banyak kejadian driver yang meninggal dunia akibat tertidur di mobil dalam keadaan mesin dan AC menyala karena menimbulkan racun gas monoksida yang membahayakan Anda. Jadi, sangat disarankan untuk mematikan mesin dan AC mobil.

 

7 dari 10 halaman

6. Kunci Semua Pintu

Saking mengantuknya, bisa jadi Anda lupa mengunci pintu mobil. Pastikan Anda mengunci semua pintu untuk keamanan diri Anda.

8 dari 10 halaman

7. Cari Tempat Teduh

Bila Anda ingin beristirahat di siang hari, carilah tempat yang tidak hanya aman tetapi juga teduh. Selain Anda tetap merasa nyaman, mobil juga tidak akan kepanasan.

9 dari 10 halaman

8. Atur Posisi Kursi

Atur kursi mobil. Dorong jok mobil sejauh mungkin ke arah belakang dan rebahkan sandaran punggung sampai Anda mendapatkan posisi paling nyaman bagi tubuh.

10 dari 10 halaman

9. Menyegarkan Tubuh

Nah, apabila Anda sudah selesai beristirahat, jangan langsung berkendara. Turun dan lemaskan otot-otot Anda serta minum air putih. Bila ada kamar mandi umum di dekat tempat mobil parkir, basuh muka Anda agar kembali segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini