Sukses

Plafon Mobil Kotor, Begini Cara Mudah Membersihkannya

Liputan6.com, Jakarta - Bagian langit-langit di kabin mobil atau plafon, sering menjadi bagian yang tidak diperhatikan. Padahal, bagian ini juga menjadi bagian penting dalam estetika interior kendaraan, selain jok dan dasbor.

Bagian ini kerap terlewat untuk dibersihkan yang seolah kalah penting dengan jok, door trim, atau dasbor.

Debu dan asap knalpot, menjadi penyumbang kotoran terbesar di plafon. Terutama, bagi pengendara yang suka membuka jendela yang akan semakin memperburuk resiko plafon mobil terpapar asap dan debu.

Melansir pressroomtoyotaastra, ditulis Rabu (14/2/2018), kebiasaan merokok di mobil juga berkontribusi terhadap kondisi interior mobil, termasuk plafon. Tidak hanya kotoran, aroma tak sedap bisa bersarang di plafon.

Idealnya, perawatan plafon dilakukan minimal enam bulan sekali agar kotoran hilang dan kualitas udara dalam kabin tetap terjaga.

Beberapa bahan dan peralatan yang harus disiapkan untuk membersihkan plafon juga bersifat umum, sehingga mudah untuk didapatkan seperti sikat lembut, kain chamois, tisu, kain lap katun kering, dan cairan pembersih plafon yang bisa dibeli di pasaran.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Berikut langkah-langkah membersihkan plafon :

1) Periksa seluruh bagian plafon dan konsentrasi pada kotoran yang melekat.

2) Semprotkan cairan pembersih plafon secara menyebar di permukaan kain plafon.

3) Sikat permukaan perlahan-lahan hingga konsentrasi kotoran terpecah. Saat menyikat, upayakan jangan ditekan terlalu kuat karena bisa merusak tekstur kain plafon.

4) Gunakan kain chamois lembab untuk mengangkat sebagian kotoran. Usap, angkat dan keringkan.

5) Usap dengan tisu untuk sisa kotoran yang tertinggal dan tepuk-tepuk perlahan dengan tisu di permukaan plafon.

6) Tisu juga bisa digunakan untuk membersihkan sela-sela permukaan plafon. Biasanya kotoran baru akan lebih mudah terangkat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Tips Cek Kualitas Bangunan Saat Beli Rumah
Artikel Selanjutnya
Waspadai 5 Cairan yang Bisa Merusak Cat Mobil