Sukses

Daihatsu Banyak Rakit Mobil untuk Toyota, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Produksi kendaraan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang tidak hanya untuk merek Daihatsu, tapi juga untuk merek Toyota. Untuk model kolaborasi Toyota-Daihatsu, seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Calya-Sigra, dan Agya-Ayla merupakan buatan sang adik.

Dijelaskan Wakil Presiden Direktur PT ADM, Sudirman MR, saat ini kemampuan produksi sebanyak 530 ribu unit per tahun, dan sudah digunakan sekitar 90 persenan.

"Tahun lalu, kami produksi 506 ribu unit, jadi sekitar 90 persenan lah. Untuk tahun ini, prediksi Gaikindo kan 1,075 sampai 1,1 juta unit," jelas Sudirman saat berbincang dengan wartawan di Gandaria City, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjut pria ramah ini, untuk produksi tahun ini, kemungkinan besar meningkat hingga 510 sampai 520 ribu unit, tergantung apakah pasar otomotif tahun ini bisa berkembang pesat atau tidak.

"Tahun lalu, kami produksi 506 ribu unit per tahun, dan tahun ini sekitar 510 sampai 520 ribu unit per tahun tergantung pasar. Dari jumlah tersebut, sekitar 60 sampai 65 persen untuk Toyota, dan sisanya Daihatsu," pungkasnya.

1 dari 2 halaman

Sabar, Mau Pesan Daihatsu Terios Masih Harus Tunggu Sebulan

Bagi peminat low sport utility vehicle (LSUV) Daihatsu Terios, memang harus sedikit bersabar. Pasalnya, mobil terbaru dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini masih memiliki daftar tunggu yang lumayan panjang.

Dijelaskan Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM, sejak resmi diluncurkan memang sudah mendapatkan surat pemesan kendaraan (SPK) sekitar 6.000-an unit.

"Sementara produksi kita hanya 2.000-an unit. Jadi memang ada inden sebulanan," jelas Amel saat berbincang dengan wartawan di Gandaria City, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Lanjut Amel, agar konsumen yang sudah melakukan pemesanan Daihatsu Terios tidak menunggu terlalu lama, pihaknya sudah berencana untuk meningkatkan produksi.

"Kita sedang minta, tapi kan tidak bisa semudah itu meningkatkan produksi. Walaupun kita sudah menyiapkan 2.500-an waktu itu, sekarang dengan permintaan seperti ini ada inden sebulan," pungkasnya.

Seperti diketahui, empat tipe All-New Daihatsu Terios yang dipasarkan oleh Daihatsu di antaranya X, X Deluxe, R, dan R Deluxe.

All New Daihatsu Terios sendiri dibandrol dengan harga yang tak jauh berbeda dari pendahulunya dengan rentang harga dari Rp 195,2 juta hingga Rp 247,9 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Alasan Daihatsu Enggan Menggelar Kompetisi Teknisi Internasional
Artikel Selanjutnya
Top3: Tenaga Dalam Emak-Emak dan Aksesori Kekinian