Sukses

Mobil Tua Ini Bernilai Ratusan Miliar Rupiah, Apa Hebatnya?

Aston Martin dengan nomor pelat 2 VEV ini berpotensi menjadi mobil termahal yang dilelang di Inggris. Harganya ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah.

Liputan6.com, London- Aston Martin DB4GT Zagato menjadi mobil legendaris yang berpotensi menjadi paling mahal dijual di Inggris. Tafsiran harganya melebihi £ 15 juta atau sekitar Rp 284 miliar.

Ini merupakan salah satu dari 19 model yang dibuat dengan bodi yang dibangun oleh rumah desain Italia Zagato yang telah merancang beberapa motor terindah sepanjang sejarah.

Dilansir dari Carscoops, mobil berpelat nomor 2 VEV ini merupakan satu dari tiga yang dibuat dengan spesifikasi DP209 ultra-light. Mobil ini pernah dikendarai oleh juara F1 dan pemenang balap Indianapolis atau Indy 500, Jim Clark dan dimiliki oleh satu tangan selama 50 tahun.

2 VEV pada masa jayanya, sempat mengalami kecelakaan beberapa kali, termasuk kecelakaan yang paling ikonik dalam sejarah balap. Saat itulah Clark terpelintir bersama Aston Martin DB4GT di Kejuaraan RAC di Goodwood pada tahun 1962.

Ia menabrak mobil Ferrari 250 GTO milik John Surtees dan menabrak 250 GT SWB lainnya. Kecelakaan yang melibatkan tiga mobil paling berharga ini, telah menjadi salah satu gambar paling terkenal dan luar biasa dalam sejarah balap.

Mobil Aston Martin DB4GT sudah direstorasi yang komprehensif di pabrik Aston Martin pada pertengahan 1990an. Kini 2 VEV telah dibawa ke Bonhams untuk dilelang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Bonhams benar-benar senang membawa kendaraan ini ke pelelangan, melanjutkan sejarah menawarkan mobil sport dan mengundang kolektor terpenting di dunia untuk ditawarkan," kata James Knight selaku bos pelelangan di Bonhams.

"Ini merupakan mobil militer Inggris paling berharga yang pernah ditawarkan di lelang Eropa. Ini adalah kesempatan untuk memiliki mobil balap GT yang paling karismatik, historis dan paling penting dari semua mobil balap GT Inggris dan balapan lainnya," ujarnya.

Untuk diketahui, tempat pelelangan yang merupakan pesaing Bonhams, RM Sotheby telah menjual DB4GT Zagato di New York sekitar dua tahun yang lalu dengan harga lebih dari $ 14 juta atau sekitar Rp 190 miliar. Rumah lelang yang sama menjual Aston Martin DBR1 1956 seharga $ 22,5 juta atau setara Rp305 miliar.

Harga tersebut mengalahkan Jaguar Tipe D yang terjual tahun sebelumnya seharga $ 21.8 juta (Rp 295 miliar) sebagai mobil Inggris paling berharga yang pernah dijual di pelelangan. Mobil-mobil itu terjual habis di Amerika Serikat, seperti McLaren F1 yang dijual Bonhams seharga $ 15.6 juta atau Rp 211 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.