Sukses

Mobil Listrik Toyota akan Semakin Murah, Ini Alasannya

Pertumbuhan mobil listrik semakin tinggi seiringan dengan peraturan emisi yang semakin ketat.

Liputan6.com, Tokyo - Toyota Motor kini sedang mempersiapkan motor elektrik yang menggunakan hanya setengah bahan metal langka dari biasanya. Dilansir Autonews, magnet untuk motornya nanti hanya menggunakan bahan metal langka neodymium dan menghilangkan penggunaan terbium dan dysprosium.

Sebagai gantinya, Toyota akan menggunakan lanthanum dan cerium dengan biaya jauh lebih murah dibanding neodymium. Pabrikan asal Jepang tersebut akan meminta pihak penyuplai untuk membuat magnetnya.

Langkah tersebut sangat dibutuhkan, karena Toyota memprediksi pada 2025 permintaan neodymium akan melebihi persediaan, sehingga akan terjadi kelangkaan. Di tahun tersebut, Toyota sudah menawarkan versi elektrifikasi dari setiap model kendaraannya.

Pada 2030 mendatang, Toyota menargetkan penjualan mobil yang sudah terelektrifikasi hingga 5,5 juta unik, 1 juta di antaranya menggunakan baterai sepenuhnya atau bertenaga hydrogen.

Permintaan akan metal langka, seiringan dengan lithium dan cobalt, terus bertambah akibat pertumbuhan mobil listrik. Hal tersebut juga dipacu oleh peraturan emisi yang semakin ketat di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

New Toyota Yaris Meluncur, Harga Naik Mulai Rp 1,5 Juta

New Toyota Yaris yang hadir dengan penyegaran yang membuat tampangnya jadi lebih sporty dan berbeda dibanding model sebelumya.

Lantas berapa harganya?

Dengan ubahan yang cukup banyak, new Toyota Yaris untuk varian E dan G kenaikannya berkisar Rp 3 jutaan, sedangkan untuk tipe TRD Sportivo harganya naik Rp 1,5 juta.

 

 

Menurut President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata, perubahan pada newToyota Yaris sengaja dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada semua customer.

“Kami berusaha untuk membuat mobil ini harganya terjangkau agar dapat dijangkau konsumen, tanpa menurunkan teknologi dan fitur yang dibenamkan,” ungkap Nakata saat acara peluncurannya di Kempinski , Thamrin, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Semua model new Toyota Yaris ini telah dilengkapi dengan transmisi otomatis CVT dan transmisi manual lima percepatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Toyota