Sukses

Toyota Perkenalkan Mesin 4-Silinder Baru, Secanggih Apa?

Mesin baru Toyota diklaim memiliki torsi lebih besar dan efisiensi yang memuaskan.

Liputan6.com, Jenewa - Toyota mempersiapkan berbagai komponen baru untuk mempersenjatai platform TNGA (Toyota New Global Architecture) terbaru yang akan disematkan pada mobil-mobil terbarunya, mulai dari Prius hingga Camry.

Salah satu senjatanya adalah mesin 2,0 liter Dynamic Force 4-silinder yang dilengkapi teknologi high-speed combustion technologies dan variable control system.

Dilansir Carscoops, Toyota enggan memberikan keterangan mengenai detail tenaga yang dihasilkan. Namun, torsinya akan lebih besar dibanding mesin yang sekarang dan efisiensi thermal mencapai 40 persen.

Mesin tersebut dapat dipasangkan dengan sistem hybrid baru yang dilengkapi berbagai fitur dari Prius. Meskipun Toyota tidak menyebutkan secara detail, performa dan efisiensi bahan bakar akan meningkat signifikan.

Senjata lainnya yang disiapkan oleh Toyota adalah sistem penggerak empat roda. Tidak tanggung-tanggung, Toyota menyiapkan dua sistem, yang pertama adalah Dynamic Torque Vectoring all-wheel drive system. Sistem tersebut digunakan untuk disematkan pada model bermesin bensin.

Yang kedua adalah “E-Four” yang akan digunakan pada model hybrid. Toyota mengklaim sistem ini akan mengirimkan torsi lebih sebesar 30 persen ke roda belakang yang digerakkan oleh motor elektrik dibanding generasi sebelumnya.

Selain itu, Toyota juga menyiapkan transmisi Direct Shift-CVT berfitur launch gear, dan transmisi manual 6-percepatan. Semua teknologi tersebut akan diperlihatkan pada ajang Geneva Motor Show mendatang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Toyota Corolla Siap Tantang Honda Civic Hatchback

Geneva Motor Show 2018 akan menjadi pameran yang menyibukkan bagi Toyota untuk memperkenalkan beragam teknologi dan kendaraan baru, salah satunya adalah Toyota Corolla hatchback.

Dilansir Autoevolution, Corolla terbaru akan menggunakan Toyota New Global Architecture, Toyota mengklaim mobil tersebut akan memiliki desain eksterior lebih dinamis dibanding sebelumnya.

 

 

Toyota Corolla hatchback ini akan menggunakan mesin 2,0 liter hybrid yang terintegrasi dengan Dynamic Force Engine pada Hybrid System II. Menurut Toyota Hybrid System II mengadopsi teknologi pengurangan ukuran, bobot, efisiensi tenaga seperti yang diterapkan pada Prius generasi keempat.

Selain itu, Geneva Motor Show 2018 menjadi kesempatan bagi Toyota untuk memperkenalkan transmisi manual terbaru yang dirancang untuk kebutuhan di Eropa. Dengan bobot lebih ringan 7 kg, transmisi 6-percepatan tersebut memanfaatkan teknologi iMT (Intelligent Manual Transmission).

Teknologi transmisi lainnya yang akan diperkenalkan adalah Direct Shift-CVT, sebuah continuouly variable transmission yang mengurangi mechnical loss, rasio gear lebih lebar, dan meningkatkan kehalusan perpindahan gearGear drive digunakan saat bergerak dari posisi diam, setelah itu belt driveakan mengambil alih saat mobil berjalan. Toyota Corolla terbaru bisa saja mengadopsi teknologi transmisi terbaru untuk dipadukan dengan mesin 2,0 liter hybrid-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.