Sukses

Lebih Dekat dengan Bus Listrik Lokal MAB, Mobil Anak Bangsa

Selain menawarkan kendaraan komersial bermesin konvensional, Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 menghadirkan bus listrik buatan Indonesia. ada bus listrik MAB.

Liputan6.com, Jakarta Selain menawarkan kendaraan komersial bermesin konvensional, Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 menghadirkan bus listrik buatan Indonesia. ada bus listrik MAB.

Bus listrik yang dibuat oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB) saat ini memasuki tahapan produksi purwarupa II yang mengadopsi sistem mechatronics.

Dengan mengadopsi motor elektrik HYQ 800-1200. Tenaga yang dihasilkan setara 268 Tk dengan torsi puncak 2.400 Nm. Dipadukan dengan baterai berkapasitas 259,2 kWh, klaim jarak tempuh mencapai 250 kilometer untuk sekali pengisian. Durasi pengisian dari 0-100 persen diklaim hanya membutuhkan waktu 3 jam saja.

Bambang Tri Sasongko, Direktur Teknik PT MAB, mengatakan,"Bus ini nantinya akan diproduksi massal secara mandiri. Yang akan melibatkan anak-anak terbaik bangsa dengan komponen TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) di atas 45 persen.

"Saat ini komponen lokalnya sebagian besar adalah bodi dan rangka, sedangkan komponen penggerak seperti motor listrik, baterai, dan poros roda masih impor."

Seperti diutarakan Menperin sebelumnya, bus listrik MAB bisa jadi kendaraan angkut di bandara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.