Sukses

Deretan Merek Mobil yang Terinspirasi Nama Pendirinya

Salah satu merek mobil ternama yang diambil dari nama pemilknya adalah Ferrari

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah merek mobil di dunia ternyata memiliki sejarah yang berbeda-beda. Namun yang ada perlu ketahui, bahwa beberapa merek mobil yang saat ini Anda tahu ternyata diambil dari sang pemilik atau pencipta mobil itu sendiri.

Tentu saja, mobil-mobil ini bukan lahir 10 tahun lalu, tapi  sudah lebih dari puluhan tahun. Adapun rata-rata merek mobil ternyata dibuat lantaran sang pemiliknya memang sangat menggemari bidang otomotif.

Nah mau tahu merek mobil apa saja yang diambil dari nama pemiliknya sendiri, yakni:

Ferrari

Perusahaan mobil dengan lambang Kuda Jingkrak ini diambil dari nama penciptanya yakni Enzo Ferrari. Dia juga merupakan seorang pendiri tim balap Scuderia Ferrari yang sangat berjaya di masanya.

Ferrari sendiri membuat berbagai mobil dengan tenaga besar dan performa yang tak terkalahkan, seperti mobil super, mobil sport bahkan mobil balap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mercedes-Benz

Nama Mercedes-Benz ini diketahui berasal dari nama penemunya yaitu Karl Benz. Dia pun membuat mobil berbahan bakar bensin pertama pada 1886 silam.

Nama merek mobil asal Jerman ini kini sudah besar dan jadi brand mobil premium. Namun tak hanya mobil, Mercy juga menciptakan bus serta truk.

 

3 dari 9 halaman

Peugeot

Siapa sangka merek otomotif asal Prancis ini namanya kini mendunia. Padahal, merek Peugeot sendiri awalnya bukan merek otomotif melainkan sebuah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang penggiling kopi dan sepeda.

Namun pada 1889, Armand Peugeot merakit mobil pertamanya, yang digerakkan dengan mesin uap, yang disebut Leon Serpollet. Akibat adanya pertengkaran keluarga, Armand Peugeot mendirikan Societe des Automobilies Peugeot di 1896

 

 

4 dari 9 halaman

Porsche

Porcshe juga sama dengan Mercy, berasal dari Jerman dan menghasilkan mobil-mobil premium mulai dari sedan, SUV, hingga jenis sport.

Akan tetapi, pencipta Porsche ini bukan dari Jerman, melainkan berdarah Austria, yaitu Ferdinand Porsche.  Namun setelah pindah lokasi ke Stuttgart, Jerman, Porsche membuat mobil legendaris Volkswagen Beetle. Melihat suksesnya mobil ini, dia pun menciptakan mobil sendiri dengan nama Porsche.

Dia pun menjadi orang pertama yang membuat mobil hybrid.

5 dari 9 halaman

Lamborghini

Merek mobil asal Italia ini diciptakan sang pendiri pertama yaitu Ferruccio Lamborghini pada 1963. Sebelum menjadi terkenal dengan desain mobil sport yang tangguh, nyatanya Lamborghini pertama kali membuat kendaraan bukan sebuah mobil, melainkan traktor.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, mobil Lamborghini terus berevolusi, hingga terlihat bentuk mobil yang keren seperti saat ini.

 

6 dari 9 halaman

McLaren

Merek merek mobil asal Inggris ini pada mulanya berasal dari tim balap Grand Prix yang disebut Bruce McLaren Motor Racing Ltd.

Namun nama tim tersebut diambil dari nama sang pemilik sekaligus pembalapnya, yaitu Bruce McLaren. Kini selain dikenal di dunia balap, mobil-mobil keluaran pabrikan McLaren juga dikenal dengan performa tinggi dengan harga selangit.

 

7 dari 9 halaman

Aston Martin

Sama seperi merek mobil di atas, nama Aston Martin sudah tenar di awal abad 20. Merek mobil ini diambil dari nama penciptanya, yaitu Lionel Martin bersama rekannya Robert Bamfort, serta digabung dengan nama sebuah tempat di dekat Buckinghamshire, yaitu Aston Clinton Hillclimb.

 

8 dari 9 halaman

Bugatti

Merek mobil mewah asal Prancis ini juga pada dasarnya diambil dari nama pemiliknya yaitu, Ettore Bugatti. Ettore sendiri pada dasarnya berasal dari keluarga seniman.  

 

9 dari 9 halaman

Ford

Tak hanya di Eropa, mobil juga terlahir di Amerika Serikat. Mobil ini adalah Ford yang berdiri sejak 1903. Namun tahukah Anda, pemilik pertama Ford ini adalah Henry Ford sekaligus pencipta mobil.

Pada tahun itu pula Henry beserta 11 rekanan bisnisnya menandatangani perjanjian kerja sama dengan mendirikan perusahaan Ford Motor Company (FMC).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.