Sukses

Asal Muasal Nama Merek Mobil Jepang yang Kini Mendunia

Beberapa merek mobil yang asal Jepang yang diambil dari nama pendirinya adalah Toyota, Honda, dan Suzuki.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya daratan Eropa yang diketahui menjadi asal muasal lahirnya mobil-mobil yang saat beredar di jalanan. Namun nyatanya di Asia, yaitu Jepang, menjadi salah satu negara industri khususnya otomotif dan salah satu terbesar di dunia.

Bicara soal otomotif asal Jepang, ternyata beberapa brand di antaranya juga mencomot dari nama pemiliknya sendiri.

Salah satu merek otomotif Jepang yang diambil dari nama pendirinya yaitu Toyota. Merek mobil ini ada sejak 1937 dan digagas oleh Kiichiro Toyoda.

Hanya saja, alasan huruf ‘D’ diganti dengan huruf ‘T’ pada kata Toyota sengaja dirubah. Menurut Wikipedia, hal itu dilakukan karena penyebutan Toyoda kurang enak didengar dan tidak akrab dikenal sehingga sedikit diplesetkan menjadi Toyota.

Sedikit flashback, sebelum muncul Toyota Motor Corporation pada 1937. Ternyata, keluarga Toyoda dikenal dengan perusahaan tekstil. Seiring perkembangannya, Toyoda membuat merek mobil Toyota setelah berhasil menciptakan mesin tenun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Honda

Merek otomotif yang memiliki divisi mobil dan motor didirkan oleh Soichiro Honda pada 24 September 1948.

Sedikit kisah Honda, ternyata dirinya merupakan pria yang pandai menyetel mobil balapan. Bahkan menurut Wikipedia, Honda membuat desain piston dan menjualnya ke Toyota.

Meski sempat mendapatkan penolakan, namun kegigihan dan tekad Honda di dunia otomotif kini bisa terlihat sampai saat ini.

 

3 dari 4 halaman

Suzuki

Sama seperti Honda, merek Suzuki juga dikenal dengan perusahaan yang membuat kendaraan baik sepeda motor maupun mobil.

Merek otomotif asal Jepang ini pertama kali dibuat oleh Michio Suzuki. Namun tahukah Anda, ternyata sebelum merek mobil dan motor Suzuki, Michio muda sempat dikenal sebagai perancang alat tenun kayu yang dioperasikan dengan pedal. Dia pun menjualnya, hingga bisnisnya itu berjalan lancar.

Namun, Michio rupanya ingin melakukan ekspansi, hingga akhirnya dia mendirikan Suzuki Loom Manufacturing Company pada 1920 dan sebagai cikal bakal Suzuki Motor Company.

 

4 dari 4 halaman

Yamaha

Torakusu Yamaha, begitulah nama orang yang mendirikan perusahaan sepeda motor Yamaha Corporation.

Hanya saja, pada awalnya, Yamaha bukanlah pabrikan sepeda motor yang kini menjadi salah satu terbesar di dunia. Namun nyatanya, Yamaha sendiri merupakan pabrikan yang menawarkan produk dan jasa, terutama alat musik.

Hingga akhirnya pada 1950-1960, atau sekitar perang  dunia ke II mereka membuat perahu dan busur untuk memanah. Hingga akhirnya dia beralih menciptakan sepeda motor pada 1968, yang disebut Yamaha DT-1. Motor ini dibuat dengan desain off-road.

Meskipun lebih dikenal sebagai pabrikan sepeda motor, Yamaha pernah memamerkan mobil sport konsepnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.