Sukses

Cara Mencegah Rem Motor Blong Saat Turunan

Untuk menghindari rem blong, saat melewati turunan, ada baiknya laju sepeda motor diperlambat terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan tak mungkin sepeda motor mengalami rem blong. Pasalnya, banyak faktor yang bisa menjadi sumber masalah pada sistem pengereman ini, termasuk usai penggantian kampas lama dengan baru.

Masalah rem blong pada sepeda motor ternyata bisa juga terjadi lantaran pengendara secara terus menerus menarik handle rem ketika motor melaju.

Lantas bagaimana cara melakukan pengereman yang benar saat melewati turunan?

Menurut Kepala Bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, saat melewati turunan, ada baiknya sebelumnya laju kendaraan terlebih dahulu diperlambat.

“Jadi, jangan karena merasa nyaman dengan kendaraan, dia tancap gas pada saat lewati turunan. Padahal itu salah, dia tidak memperhitungkan kecepatan dengan daya rem yang akan digunakan,” ungkap Herman kepada Liputan6.com, Rabu (7/3/2018).

Kata Herman, ketika sepeda motor melaju dengan kencang di turunan, bukan berarti motor bisa langsung berhenti. Sebaliknya, jika dilakukan rem secara mendadak, maka bagian logam pengereman menjadi lebih panas.

“Disitulah, sebenarnya engga blong, tapi remnya tidak mencengkram secara maksimal, karena panas,” tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski demikian, saat turunan ada baiknya tidak melepas gas hingga kosong. Sebab jika Anda melakukan hal itu, bukan tak mungkin akan membuat motor sulit dikendalikan.

Karena itu saat akan melewati turunan, ada baiknya mengurangi kecepatan. Selain itu, pastikan kendaraan Anda tetap masih dalam kondisi terbaik, termasuk bagian pengereman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.