Sukses

Mengetahui Makna pada Penamaan Sepeda Motor

Beberapa model sepeda motor memiliki nama berupa deretan huruf dan angka seperti tanpa memiliki arti. Namun, terdapat makna di balik penamaan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pabrikan otomotif kerap memberikan nama pada sepeda motor mereka dengan beberapa huruf saja yang terlihat tidak bermakna disertai dengan angka. Namun, deretan huruf tersebut ternyata memiliki makna tersendiri.

Tak jarang, penggunaan kode ini membuat penyebutannya lebih sulit. Memang, beberapa pabrikan masih mempertahankan nama berupa kata, seperti Kawasaki Ninja, Suzuki Satria, dan Yamaha Vixion.

Namun, beberapa motor baru menggunakan kode sebagai penamaannya. Tengok saja produk terbaru Suzuki, GSX-S 150 dan GSX-R 150. Hal ini tentunya mengundang tanya dari pemerhati sepeda motor di tanah air.

Berikut ini beberapa kepanjangan dari kode sepeda motor yang berhasil dihimpun oleh Otosia dari berbagai sumber.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Suzuki GSX

GSX series cukup terkenal di Indonesia bahkan dunia. Ternyata, tiga huruf tersebut adalah singkatan. G berarti Grand, S ialah Sport, dan X diambil dari kata Experimental.

Di belakangnya pun kadang masih terdapat angka dan huruf lain. Pada GSX-R, R bermakna Racing. Pengkodean ini membuat semua motor dengan tambahan huruf R memiliki fairing dan bergenre sport. Sedangkan S pada GSX-S, berarti street atau tidak memiliki fairing.

3 dari 6 halaman

2. Yamaha YZF

Pengkodean dengan huruf juga berlaku pada beberapa produk Yamaha. Salah satunya ialah YZ yang berasal dari kata Yamaha Zinger. Kode tersebut hanya berlaku pada motor dua tak.

Sedangkan, pada motor empat tak terdapat huruf F di belakang. Huruf F merupakan singkatan dari Four-stroke.

4 dari 6 halaman

3. Honda CB

Salah satu varian motor Honda yang terkenal ialah CB. Ternyata, CB ialah singkatan dari City Bike. Ada juga kode CBR yang merupakan singkatan dari City Bike Racing.

5 dari 6 halaman

4. Kawasaki KLX

Motor trail pabrikan Kawasaki ini telah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Seperti pada artikel sebelumnya, KLX adalah singkatan dari Kawasaki Light Cross. Di Jepang, orang biasa mengganti cross dengan huruf X.

Penyematan kata Light di tengah mengacu pada desain motor trail yang boleh dikendarai di jalan raya. Ada juga varian KX yang merupakan motor trail murni tanpa dilengkapi aksesori wajib jalan raya.

6 dari 6 halaman

5. BMW GS

Seri GS pada produk BMW selalu memiliki postur tubuh yang besar. Hal ini disesuaikan dengan kepanjangan GS yang berarti Grand Sport. Biasanya juga terdapat huruf lain di depan GS, seperti R dan F. Huruf R merupakan kode untuk produk yang mengusung mesin boxer. Sedangkan F mengacu pada penggunaan mesin inline.

Tak hanya huruf, angka pun dimasukkan dalam kode tersebut. Semua pabrikan menggunakan angka untuk menunjukkan kapasitas mesin dari produk mereka. Contohnya R1200GS, KLX 150, dan GSX-R 150.

R1200GS merujuk pada sepeda motor touring dengan mesin boxer. Angka 1200 merujuk pada mesin berkubikasi 1200cc yang terdapat pada motor tersebut.

Sedangkan, KLX 150 merupakan motor trail dengan status street-legal yang menggunakan mesin sebesar 150cc.

Hal itu juga berlaku untuk GSX-R 150. Berdasarkan kode tersebut, motor ini memiliki fairing dan mengusung mesin berkapasitas 150cc.

Sumber : Otosia.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.