Sukses

Cara Mudah Bedakan Busi Asli atau Palsu

Liputan6.com, Jakarta Percikan api sempurna dari sebuah busi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi performa sebuah mesin. Percikan tersebut akan menghasilkan ledakan setelah campuran bahan bakar terkompresi dengan tepat di dalam ruang mesin.

Busi berkualitas salah satunya dipengaruhi oleh keasliannya. Busi yang tidak asli justru tidak dapat memproduksi percikan api yang baik, bahkan umur pakainya bisa saja jauh lebih pendek. Celakanya tidak sedikit pemilik kendaraan yang bisa membedakan mana busi asli atau palsu.

Menurut Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, sebenarnya dilihat dari fisik, bisa diketahui pebedaan busi asli dan palsu. 

“Bisa dilihat dari terminal nut-nya. Kalau ulir pada busi asli itu lebih halus dan rapi. Kalau yang palsu akan terlihat kasar dan tidak rapi,” terang Diko.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Nah, langkah berikutnya adalah memperhatikan penulisan part number di busi. Pada busi asli, part number tercetak rapi dan teratur, sedangkan busi palsu tulisannya hitam, tebal dan posisinya tidak rapi.

“Kalau di busi NGK asli, selalu ada namanya nomor lot produksi di bagian hexagonalnya. Sedangkan pada busi palsu tidak ada nomor lot-nya,” kata Diko.

Khusus busi NGK asli, gasket sangat sulit untuk dilepas. Bahkan jika bisa lepas pun, gasket ini tidak bisa dipasang kembali. Sementara pada busi palsu gasket atau ringnya mudah lepas atau longgar.

Selain itu, mata shell busi asli terbuat dari baja kuat dan tahan panas karena diproses plating Cr3, sehingga tahan korosi dan warnanya juga lebih cerah dan tidak gampang pudar. Di sisi lain, busi palsu biasanya memiliki warna metal shell yang agak buram dan mudah karat.

“Yang terakhir, perhatikan konstruksi pada ujung elektrodanya. Gap dan penyambungan busi asli itu sangat rapi. Kalau yang palsu tidak rapi,” tutupnya.

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.