Sukses

Berfungsi Menghilangkan Embun, Defogger Perlu Perawatan Khusus?

Defogger berfungsi untuk mengurangi dan menghilangkan embun di kaca belakang mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Meski kerap mengendarai mobil, banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui fungsi fitur-fitur yang ada pada tunggangannya. Salah satunya adalah tombol defogger.

Tombol defogger sendiri biasanya terletak di dekat setir mobil dan bergambar embun. Adapun kegunaan dari defogger pada mobil ini sangatlah penting, terutama saat hujan.

Lantas apa sebenarnya fungsi tombol defogger pada mobil?

"Defogger untuk menghindari embun di kaca belakang mobil. Untuk kaca belakang bagian dalam, biasanya kalau di negara empat musim, defogger jadi penting karena perbedaan suhu antara di dalam kabin dan di luar kan cukup signifikan," kata Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (16/3/2018) malam.

"Jika pada kaca depan terdapat wiper dan berada di depan kita, kemungkinan untuk kita lap masih bisa saat kaca berembun," sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Tapi kalau kaca belakang bagian luar kita bisa hapus, kalau ada pengembunan dengan wiper tapi bagian dalam kan kita gak mungkin lap ke belakang kalau lagi nyetir. Dengan adanya defogger ini untuk menghilangkan fogging atau kabut yang ada di kaca belakang," kata Anjar.

Namun menurutnya, tak ada perawatan khusus untuk menjaga defogger agar tetap bagus.

"Perawatan secara khusus sebenarnya tidak ada, jadi defogger itu kan tempelan filamen di kaca belakang dan dia memakai tegangan 12 volt dengan amperenya kecil, jadi kalau secara khusus gak ada," ujarnya.

"Pokoknya menjaga sehingga tidak terjadi pengembunan di kaca bagian belakang. Karena kalau sampai ngembun, dia akan menghalangi pandangan ke belakang," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.