Sukses

Mengenal Tipe A, Mesin Produksi Massal Pertama Milik Toyota

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu raksasa otomotif di dunia, Toyota tidak hanya sudah membuat banyak mobil. Pabrikan asal Jepang ini juga sudah membuat banyak mesin, dan beredar di pasar global.

Melansir dari presroomtoyotaastra.com, ditulis Senin (19/3/2018), Toyota sudah memproduksi mobil dan mesin sejak 1930-an. Untuk mesin pertamanya, yaitu tipe A diproduksi pada 1935 sampai 1947.

Mesin ini sendiri, memiliki kapasitas 3.389 cc, enam silinder, dengan tiga bearing dan mengatur intake manifold pada mesin ini untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

Toyoda Model AA, merupakan mobil penumpang pertama yang menggunakan mesin tipe A. Kendaraan ini, pertama kali diperkenalkan ke publik di Nagoya pada Juli 1936, dan menyusul di Tokyo pada September pada tahun yang sama.

Saat itu, harga untuk Toyota AA dibanderol sekitar 3.350 Yen. Toyota model AA diproduksi hingga 1942, dan mencatatkan penjualan sebanyak 1.404 unit.

Selain model AA, Toyota juga menggunakan mesin tipe A pada beberapa kendaraan niaga. Toyoda Model G1 Truck adalah yang pertama, disusul Toyoda Model GA yang diluncurkan pada 1936, dan Model GY pada 1937.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain truk, Model DA juga menjadi bus pertama yang menggunakan mesin tipe A. Sedangkan untuk mobil penumpang lain, adalah Model AB Phaeton yang merupakan mobil beratap terbuka (convertible).

Pada 1947, Toyota melanjutkan pengembangan mesin tipe A dengan mesin tipe B yang lebih baik secara kualitas dan tenaga. Mesin baru tersebut, menggunakan mesin dengan kapasitas 3.386 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 82 Tk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.