Sukses

Tak Pakai Helm SNI, 'Batman' Ditilang Polisi

Polisi menilang 'Batman' karena mengendarai motor tanpa mengenakan helm SNI.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menilang Batman saat sedang mengendarai motornya. Tentu, Batman yang dimaksud bukanlah Batman sungguhan layaknya di film superhero. Ini merupakan bentuk parodi yang dibuat Satlantas Kota Tangerang melalu video yang diunggah di akun Instagram @lantastngkab.

Dalam video tersebut menunjukkan seorang pengendara motor yang berkostum Batman, ditilang petugas kepolisian karena dinilai tidak menggunakan helm berstandar nasional atau helm SNI. 

Sempat berkilah, sang Batman mengatakan dirinya sudah menggunakan helm, tapi polisi pun memberi penjelasan bahwa helm yang digunakan bukanlah helm SNI. Akhirmya polisi pun memakaikan helm SNI ke kepala Batman.

Seperti diketahui, aturan menggunakan helm sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam aturan ini mewajibkan pemakaian helm taraf Standar Nasional Indonesia (SNI) dan bukan hanya pengendara yang wajib mengenakan helm untuk dirinya sendiri tetapi harus mewajibkan boncenger alias penumpang untuk mengenakan helm.

Helm SNI merupakan perlengkapan standar motor seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Angkutan Umum dan Lalu Lintas Pasal 57 Ayat 2. Selain itu, pada Pasal 106 Ayat 8 juga mengatur setiap pengemudi motor dan penumpang wajib mengenakan helm SNI.

Seperti apa aksi Batman ditilang ini? Simak videonya:

 

 

 

GUNAKAN SELALU HELM BER-STANDAR NASIONAL INDONESIA ( SNI ) Karena , kira tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kepada kita beberapa detik kedepan. Selamat kah kita atau celaka kah kita??? Jauh sebelum itu semua terjadi tidak ada salahnya kita ANTISIPASI lebih awal dengan berhati-hati dan melindungi organ KEPALA kita agar terlindungi. Helm merupakan bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya terbuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik. Helm merupakan instrumen keselamatan yang wajib dipenuhi oleh setiap pengemudi kendaraan bermotor roda dua, termasuk di antaranya adalah penumpang. Gunakan helm yang memenuhi kualitas standar, agar keselamatan lebih terjamin apabila terjadi kecelakaan yang tidak dapat terelakkan. Helm Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah helm yang telah tersertifikasi kualitasnya oleh badan standarisasi yang ditunjuk oleh pemerintah dan telah memenuhi persyaratan material dan konstruksi, serta telah lolos berbagai pengujian. Penggunaan helm SNI juga telah diatur dalam UU No. 22 tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada Pasal 291 mengatur, jika pengendara motor di jalan tidak mengenakan helm SNI, maka diancam pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250.000. Bahkan, jika pengendara motor membiarkan penumpang tidak mengenakan helm SNI maka diancam hukuman yang sama. STOP PELANGGARAN... STOP KECELAKAAN... KESELAMATAN UNTUK KEMANUSIAAN . . . . #polrestatangerang #tangerangjawara #humaspolreskotatangerang #polri #polisiindonesia #humaspoldabanten #bidhumaspoldabanten #humasmabespolri #divhumasmabespolri #ntmcpolri #polisi #balaraja #operasikeselamatan2018 #operasikeselamatankalimaya2018 @bidhumaspoldabanten @kapolrestatangerangofficial @m.sabilul_alif @divisihumaspolri @multimedia.humaspolri @spripim_poldabanten @binkarsdmpoldabanten

A post shared by Sat Lantas Kota Tangerang (@lantastngkab) on

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batman Bakal Pakai Mobil Canggih Mercedes-Benz, Begini Wujudnya

Pabrikan mobil mewah asal Jerman, Mercedes-Benz mengumumkan kolaborasinya dengan film Justice League. Pabrikan yang bermarkas di Stuttgart ini bakal menyediakan berbagai jenis mobil untuk digunakan di film super hero baru tersebut.

Tidak hanya mobil produksi massal, Mercedes-Benz juga bakal memberikan mobil konsep, AMG Vision Gran Turismo, yang bakal digunakan Bruce Wayne alias Batman.

 

 

Bahkan, untuk digunakan di film yang bakal rilis 17 November 2017 nanti, mobil ini sudah diperbesar dari versi konsep aslinya, agar sang aktor, Ben Affleck bisa masuk ke mobil tersebut.

Dilansir Carscoops, Sabtu (7/10/2017), sebagai mobil harian orang kaya Gotham, bagian interior AMG Vision Gran Turismo ini bakal menggunakan jok balap, dan dashboard virtual canggih.

"Sebagai desainer, Anda harus meniciptakan fantasi, jadi kita sering terinspirasi dari industri perfilman. Saya senang, industri perfilman terinspirasi dengan kami, dan Mercedes AMG Vision Gran Turismo bakal menjadi mobil super hero," jelas Gordon Wagener, Chief Design Officer Daimler.

Selain itu, model Mercy lain yang bakal digunakan di film Justice League antara lain, E-Class Convertible yang bakal digunakan Wonder Woman atau Diana Prience, dan G-Class 4x4 Squared yang belum diketahui bakal digunakan oleh siapa di film tersbeut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini