Sukses

Mobil Era 90-an yang Jadi Andalan di Drag Race

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir sejumlah pabrikan otomotif yang ada di Indonesia gencar menghadirkan mobil bermesin tangguh yang memiliki akselerasi mumpuni dan menyebutnya sebagai mobil sport.

Namun begitu, ternyata mobil-mobil buatan 90-an juga tak kalah hebat. Bahkan, hingga memasuki tahun 2018, masih banyak mobil-mobil keluaran tahun 90-an justru sering digunakan kebut-kebutan di ajang drag race.

Hal ini pun dibenarkan langsung oleh pemilik bengkel Reserved Before Autotuning, Galih Ramadhan, yang kerap melakukan research & development mobil-mobil untuk drag race.

Untuk ajang drag race di Indonesia, kata dia, beberapa mobil merek Jepang masih digunakan.

“Biasanya merk Honda seperti Estillo, Genio, atau Nova. Biasa (menggunakan mesin) yang kita sebut D series, itu termasuk salah satu yang sampai saat ini masih digunakan atau diandalkan untuk drag race,” ungkap pria ramah yang akrab disapa Ais saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (21/3/2018).

Selain itu, Ais menyatakan ada beberapa mobil tahun 90-an buatan negeri Sakura yang juga masih digunakan untuk drag race, antara lain Toyota Great Corolla, Suzuki Baleno, hingga Mitsubishi Lancer tipe GLX, GLXi atau GTI.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mesin-Mesin Tangguh di Mobil 90-an

Tentu saja, beberapa mobil di atas pastinya memiliki rahasia tersendiri di balik jeroan mesin yang ditawarkan.

Masih menurut Ais, seperti halnya Honda Estilo dan Genio, mereka kerap memanfaatkan ketangguhan mesin D16 dengan kapasitas 1.600 cc.

“Atau biasa mereka (drag race) swap engine atau ganti mesin ke lebih gede dengan kapasitas naik, atau bagian DOHC engine seperti B16, B18, B20vtec, H22-H23 atau bahkan K20-K24. Angka tersebut itu sebagai patokan cc dalam Honda engine,” jelas Ais.

Untuk mobil Toyota Corolla biasanya digunakan drag race adalah mesin 4A-FE 1.600 cc. Sementara untuk Suzuki Baleno, biasanya masih ada juga yang menggunakan mesin G16 B.

Sedangkan untuk Mitsubishi Lancer, mesin yang digunakan adalah tipe 4G92 atau 4G93 (Lancer GTA).

“Atau mereka swap engine atau ganti mesin ke 2.000 cc turbo dengan kode mesin 4G63T,” jelas Ais yang memiliki bengkelnya di Perumahan Grand Depok City, Jalan Boulevard Raya ruko De Market Otomotif Center Blok C No.15.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.