Sukses

Hanya Tiga Unit di Indonesia, DAMRI Boyong Bus Mercedes-Benz Vario ke INCUBUS 2018

Bus Mercedes-Benz Vario yang bertugas di DAMRI sejak pertengahan 1990-an ini tergolong langka. Hanya ada tiga unit di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perum DAMRI memboyong dua bus klasik yang dimilikinya pada Indonesian Classic N Unique Bus 2018 di Kemayoran. Dari kedua bus klasik tersebut, Bus Mercedes-Benz Vario menjadi bus yang tergolong langka.

Pasalnya dari 90.743 unit yang dipasarkan di seluruh dunia hanya ada tiga unit Vario di Indonesia. Hal itu disampaikan staf teknik Perum DAMRI Asep Sutandi.

""Vario di Indonesia hanya ada tiga. Dua milik DAMRI, memang yang satu kondisinya agak kurang bagus jadi ini yang dibawa satu saja. Sedangkan Vario yang satunya lagi ada di Angkatan Darat, dua di Damri, saya gak tahu di AD masih digunakan atau tidak. Ini pasti tidak pernah dijumpai di jalanan," kata Asep kepada Liputan6.com, Kamis (22/3/2018).

Berdasarkan informasi dari Halte Bus, Vario yang dipamerkan di INCUBUS ini diproduksi pada 1995 dan dahulu dioperasikan di Kalimantan Barat.

"Dulu dipakai di pertambangan, dari Banjarmasin ke Pontianak, direhab, di sana dipakai wisata juga. Sekarang Purworejo membutuhkan jadi ditarik ke sana. DAMRI ambil bus Vario ini tahun 2000-an," kata Asep.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menurutnya, Vario yang dibawa memang masih bisa berjalan dengan baik bahkan mencoba tanjakan juga.

"Tanjakan masih dipakai, untuk angkutan tambang juga karena rodanya empat-empatnya bisa gerak. Ini juga bisa dipakai kalau ada penumpang di pegunungan, misalnya di kampung, masih dipakai karena memang masih layak," ujarnya.

Vario merupakan salah satu produk Mercedes yang mengalami transisi emisi gas buang dari Euro III ke Euro IV pada tahun 2000.

Semua model, termasuk untuk varian 4x4 dilengkapi suspensi parabolic leaf springs, ventilated disc brakes, dan power steering.

Bus tersebut masuk dalam keluarga van fungsional yang bisa diubah menjadi bus sedang. Vario mewarisi pendahulunya 309 D dan 508 D serta memiliki nomor serial model 815 D.

Mercedes-Benz van yang satu ini dibuat antara tahun 1995-2003. Ada dua varian yang dirancang dengan dua mesin berbeda. Di awal kemunculannya, Vario ditopang mesin Mercedes-Benz lima silinder OM602LA. Produksi Vario bersama mesin OM602LA harus berakhir di tahun 2000. Tepatnya mulai September 2000, mesin Vario disegarkan dengan mesin OM904L A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.