Sukses

8 Bulan Kehadiran Wuling Confero, Toyota Calya Mulai Goyah?

Invasi mobil Cina terus bergulir. Pasar yang sudah terdampak adalah bursa mobil bekas. Lantas bagaimana dengan segmen mobil baru di kategori lain di luar segmen dua model Wuling?

Liputan6.com, Jakarta Invasi mobil Cina terus bergulir. Pasar yang sudah terdampak adalah bursa mobil bekas. Lantas bagaimana dengan segmen mobil baru di kategori lain di luar segmen dua model Wuling?

Wuling menawarkan mobil dengan segudang fitur yang harganya relatif murah. Tengok saja Wuling Confero. Mobil ini dibandrol seharga Rp 130 jutaan untuk seri terendah dan varian tertingginya mencapai Rp 155 jutaan. Rentang harga itu menyentuh mobil murah yang di pasarkan di Indonesia.

Namun tampaknya, tak ada perubahan yang signifikan dengan hadirnya produk asal Negeri Tirai Bambu itu. Terlihat dari angka penjualan yang dirilis oleh Gaikindo pada awal tahun ini.

Penjualan Wuling Cortez dan Confero belum bisa mengalahkan mobil murah lainnya, sekalipun keduanya dijumlahkan. Sepanjang Januari-Februari, Wuling hanya mencatat penjualan sebanyak 1.936 unit.

Detailnya, Cortez yang terjual sebanyak 444 unit pada Februari. Sementara bulan sebelumnya, mobil yang diperkenalkan pada akhir tahun 2017 ini mencatat penjualan mencapai 372 unit.

Sedangkan Wuling Confero hanya mencatat 565 penjualan selama Februari dan 555 unit pada bulan sebelumnya. Selama dua bulan, mobil ini terjual sebanyak 1120 unit.

Angka tersebut berada jauh dari Toyota Calya yang dijual seharga Rp 135 jutaan. Selama bulan Februari saja, mobil low MPV ini bisa mencatat angka penjualan sebanyak 4.679 unit. Capaian itu menempatkannya pada ranking keempat pada deretan mobil terlaris selama Februari.

Sumber: Otosia.com

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wuling Motors Buka Peluang Hadirkan SUV

Wuling Motors sedang merasakan manisnya bulan madu di pasar otomotif Indonesia. Dua produknya yakni Confero dan Cortez mendapat respon positif dari konsumen Tanah Air.

Meski keduanya laku di pasaran, mereka tak ingin berpuas diri. Penambahan jaringan pemasaran dan pelayanan serta membesarkan nama brand menjadi fokus utama mereka saat ini.

Bicara soal model lain yang bakal dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen nasional, Wuling mengaku sudah menyiapkan ancang-ancang. Hanya saja mereka belum menentukan model apa yang bakal diboyong ke Indonesia.

Segmen sport utility vehicle (SUV) menjadi "mainan" baru yang memiliki potensi besar untuk digeluti pabrikan asal Tiongkok tersebut. Pasalnya mereka memiliki sejumlah model yang diniagakan di negeri asalnya.

"Kalau di Cina, produk kita sudah sangat lengkap. SUV juga ada beberapa, seperti Baojun 510, 530, dan 560, tetapi yang cocok untuk pasar Indonesia kami belum tahu," terang Dian Asmahani Brand Manager Wuling Motors di Semarang, Jawa Tengah.

Sembari studi mengenai produk baru yang bakal dihadirkan nanti, Wuling mengaku fokus pada dua model yang sudah ada lebih dulu.

"Kami juga baru satu tahunan di Indonesia. Model lain sudah pasti ada, tapi sekarang kami fokus ke dua model itu dulu saja," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.