Sukses

BMW Luncurkan Mobil Listrik i3 dan i8

Model hibrida i8 ini menggabungkan mesin listrik dan gas yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Sedangkan kompak i3 dirancang untuk penggunaan kota.

Liputan6.com, Munich: Pabrikan mobil mewah Jerman, BMW, akhirnya meluncurkan dua model kendaraan listrik terbaru yang kedatangannya sekaligus menandai produk baru di segmen modern. Kedua model itu, yakni i3 dan i8, rencananya mulai dipasarkan masing-masing pada 2012 dan 2014 di dealer-dealer seluruh dunia.

"Ini menjadi tonggak baru yang penting dalam sejarah BMW," kata Kepala Eksekutif Norbert Reithofer seperti dikutip AFP, Sabtu (30/7). "Sebagai produsen mobil premium terkemuka di dunia, kami ingin menawarkan klien kami dengan mobil yang dibuat dengan sebuah motor listrik," imbuhnya.

Model hibrida i8 ini menggabungkan mesin listrik dan gas yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Sedangkan kompak i3 dirancang untuk penggunaan kota. Keduanya memiliki sasis aluminium ringan dan bodi berserat karbon yang diperkuat untuk mengimbangi berat dari baterai.

Kedua mobil ini akan dirakit di pabrik Leipzig, Jerman. BMW juga berencana untuk menginvestasikan sekitar 400 juta euro (US$ 575 juta) dan menyiapkan 800 lapangan pekerjaan pada 2013 mendatang. Perilisan kedua model ini disebut-sebut untuk menyaingi produsen mobii lainnya, seperti Honda, yang sudah merilis model serupa.

BMW tak memberikan rincian tentang berapa banyak mobil yang akan diproduksi. Namun, pihak perusahaan menegaskan bahwa kedua model ini ditargetkan kepada pemilik mobil premium. Adapun berdasarkan laporan media Jerman, sekitar 30 ribu unit akan diproduksi per tahunnya. Konsep kedua model ini pertama kali diluncurkan pada akhir februari silam [baca: BMW Luncurkan Konsep i3 dan i8].(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.