Sukses

Cina Tingkatkan Subsidi Produksi Mobil-Hijau

Pemerintah Cina berencana menaikkan subsidi kepada para produsen mobil yang sudah dikualifikasi, untuk diberikan insentif dalam produksi kendaraan mobil-hijau atau hemat bahan bakar.

Liputan6.com, Shanghai: Pemerintah Cina berencana menaikkan subsidi kepada para produsen mobil yang sudah dikualifikasi, untuk diberikan insentif dalam produksi kendaraan mobil-hijau atau hemat bahan bakar. Demikian dilaporkan situs InsideLine.com, Selasa (9/8).

Menurut China Securities Journal, langkah terbaru itu merupakan bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah Cina dalam mendorong produsen, untuk memproduksi mobil yang lebih hemat energi. Tetapi, tindakan itu justru akan membuat lebih sulit bagi perusahaan mobil untuk menerima subsidi.

Sebelumnya, Cina meluncurkan rencana insentif mobil-hijau pada Juni 2010, yang memungkinkan para produsen mobil menerima subsidi penjualan senilai US$ 465 untuk mobil dengan kapasitas mesin 1,6 liter, serta ekonomi bahan bakar minimal 34 mpg.

Dengan peningkatan jumlah model yang telah disetujui untuk skema subsidi, dana insentif pemerintah sudah bisa digunakan akhir Juni lalu. Laporan itu mengatakan, Cina juga akan terus mengalokasikan dananya untuk skema subsidi baru, yang akan memperketat standar kualifikasi untuk para produsen mobil.

Cina kemungkinan hanya membolehkan produksi kendaraan dengan rata-rata minimal 37 mpg untuk menerima subsidi, kata laporan yang mengutip sumber dari Kementerian Teknologi Industri dan Informasi Cina. (SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini