Sukses

Mobil Esemka Tidak Lolos Uji Emisi

Kementerian Lingkungan Hidup belum meloloskan uji emisi mobil Esemka, karena tidak memenuhi ambang batas.

Liputan6.com, Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup belum meloloskan uji emisi mobil Esemka. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan mengatakan, uji emisi yang dilakukan beberapa waktu lalu masih belum memenuhi standar.

"Kami berharap agar pemohon tidak patah semangat, karena emisi Esemka belum memenuhi standar Kementerian Lingkungan Hidup," kata Bambang kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/3). Disebutkan Bambang, standar emisi untuk mobil baru harusnya membuang karbondioksida (CO) dengan 5 gram per km dan HC+NOx standar 0,70 gram/km. Namun mobil Esemka Rajawali emisi pembuangannya masih cukup tinggi yaitu CO-nya 11,63 gram/km dan HC+NOx sebesar 2,69 gram/km.

Menanggapi tidak lulusnya mobil Esemka dalam uji emisi, Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyamo berjanji, akan memperbaikinya. "Tidak lulus uji emisi biasa, kita akan kembalikan dan diperbaiki," ujarnya saat ditemui wartawan di kediamannya di Solo, kamis (1/3)

Selanjutnya Rudyatmo akan berkoordinasi dengan PT Solo Manufaktur Kreasi untuk menyempurnakan dan memperbaiki mobil Esemka ini. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.