Sukses

Mobil Pintar ala BMW i3

Produsen mobil terkemuka BMW terus mengembangkan teknologi cruise control yang membuat mobil bisa berjalan sendiri, namun pengendara tetap bisa nyaman di belakang kemudi. Beberapa fitur canggih juga dilengkapi dalam mobil tersebut.

Liputan6.com, Muenchen: Produsen mobil terkemuka BMW hingga kini terus mengembangkan teknologi cruise control yang membuat mobil bisa berjalan sendiri. BMW i3 yang disebut Mega City Vehicle (MCV) ini menggunakan energi alternatif tenaga listrik.

Meski bukan model mobil listrik (EV) pertama, kendaraan asal Muenchen, Jerman ini memiliki metode konstruksi, bahan dan filsafat. Selain itu, mobil yang akan diluncurkan pada 2013 mendatang ini juga memiliki sistem teknologi terbaru yang dapat menyetir sendiri di dalam kota.

Teknologi cruise control yang dikembangkan sedemikian rupa membuat pengendara BMW i3 bisa lebih nyaman berkendara. Hal ini terlihat dari beberapa fitur yang dimiliki. Seperti kombinasi fitur Adaptive Cruise Control yang dapat menjaga jarak secara konstan dengan mobil di depan. Fitur Passive Front Protection akan mendeteksi rintangan dan pejalan kaki sehingga mobil akan mengerem sendiri jika pengemudi gagal bereaksi.

Kemudian, ada fitur Traffic Jam Assistant yang akan berfungsi di bawah kecepatan 40 kilometer dan memungkinkan mobil berbelok sendiri. Fitur Self Parking bisa membuat mobil memarkirkan sendiri. Sistem dan sensor array juga memungkinkan pengemudi duduk di bangku belakang, membaca koran atau buku. Sementara, mobil menyetirkan Anda ke tempat kerja.

Sayangnya, teknologi tersebut masih memiliki kendala dalam menghadapi lalu lintas kota yang macet.(ADI/ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.