Sukses

Mahasiswa Ciptakan Mobil Hemat Energi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meninjau langsung 18 mobil hemat energi buatan mahasiswa sebelum diberangkatan ke kompetisi Eco-Marathon Asia 2012 di Malaysia, awal Juli nanti.

Liputan6.com, Jakrta: Di tengah upaya penghematan bahan bakar minyak, para mahasiswa Indonesia mampu membuat mobil hemat energi. Sebanyak 18 mobil hemat energi buatan mahasiswa ditinjau langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelum diberangkatan ke kompetisi Eco-Marathon Asia 2012 di Sepang, Malaysia, awal Juli mendatang.

Mobil-mobil berbentuk mini tersebut dibuat mahasiswa dari berbagai daerah yang mampu menempuh jarak jauh dengan bahan bakar yang super irit. Mobil Sapu Angin 6, misalnya. Kendaraan karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Jawa Timur, ini mampu menempuh jarak 2000 kilometer hanya dengan satu liter bensin.

Menurut Mendiknas Muhammad Nuh pihaknya telah menganggarkan biaya Rp 10 miliar selama dua tahun untuk riset pengembangan kendaraan hemat energi yang memiliki alternatif bahan bakar lain. Pengembangan mobil hemat energi kini semakin penting di tengah semakin mahalnya harga bahan bakar yang berimbas pada harga kebutuhan pokok sehari-hari.(ALI/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.