Sukses

Melongok Kecanggihan Pabrik McLaren

Bukan cuma mobilnya yang hebat, pabriknya pun luar biasa. Lantainya bersih mengilap, demikian juga semua lingkungan pabrik.

Liputan6.com, Surrey: Pabrik mobil mewah McLaren seharga 40 juta poundsterling ternyata sangat canggih. Ada 750 ahli berada di pabrik itu untuk memproduksi McLaren MP4-12C yang mempunyai mesin di bagian belakang.

Enam bulan sejak pabrik di Surrey, Inggris itu berproduksi, kini sudah 1.000 mobil dibuat. Mereka pun sedang membuat 1.000 berikutnya untuk memenuhi daftar tunggu pembeli yang sudah 18 bulan.

Bukan cuma mobilnya yang hebat, pabriknya pun luar biasa. Lantainya bersih mengilap, demikian juga semua lingkungan pabrik. Adapun pabrik itu 18 bulan lalu diresmikan PM Inggris David Cameron.

Setiap unit McLaren dirakit kemudian dicat sebelum menjalani tes semprotan air tekanan tinggi. Lalu, mobil diuji coba sejauh 30 kilometer sebelum dinyatakan lulus kualitas kontrol. Total perlu 14 hari perakitan hingga kendaraan itu siap dikirim.

Pabrik yang dirancang Lord Norman Foster itu memproduksi MP4-12C yang masing-masing berharga 170 ribu juta poundsterling. MP4-12C digunakan sebagai kendaraan resmi pembalap Formula Satu Jenson Button dan Lewis Hamilton.

Pabrik seluas 32.000 meter persegi itu memproduksi McLaren yang diekspor ke 18 negara dengan 35 dealer resmi.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.