Sukses

Mobil-Mobil Paling Irit 2014

Dunia otomotif modern saling berlomba menciptakan mobil efektif dan irit. Anda ingin tahu, mobil apa paling irit di dunia? Inilah daftarnya.

Dunia otomotif modern kini sedang berlomba-lomba menciptakan mobil masa depan yang ramah lingkungan serta irit bahan bakar. Sebuah lembaga federal Amerika Serikat yang memiliki tanggung jawab mengawasi dan melindungi kualitas lingkungan hidup, EPA atau Environmental Protection Agency mencatat sedikitnya ada 10 mobil paling efektif, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Inilah mobil-mobil paling hemat bahan bakar dan ramah lingkungan seperti ditulis laman cars.about.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman


1. Toyota Prius c

Mobil produksi Toyota Prius c disebut-sebut sebagai mobil paling mahal dari keluarga Prius. Bentuknya yang compact dengan model hatchback terlihat lebih ringan.

Di dalam kota yang ramai rata-rata Toyota Prius c membutuhkan bahan bakar hingga 52,3 MPG (Mil Per Galon). Di jalan bebas hambatan dengan kecepatan stabil mobil memerlukan sekitar 60 MPG. Dari segi ekonomi, Toyota Prius c lebih irit bahan bakar dan murah daripada Honda Insight.

Perkiraan EPA: 53 MPG MPG dalam kota/ 46 di tol/ 50 MPG gabungan
Kisaran Harga: US$ 19.890 - US$ 25.320

3 dari 6 halaman


2. Lexus CT 200h

Mobil Lexus CT 200h menggabungkan kekuatan Prius dalam wujud kecil hatchback 5 pintu. Namun mobil ini tak memiliki kemampuan aerodinamika yang ekstrim seperti Prius sehingga jadi sangat irit BBM. CT 200h dirancang khusus untuk pasar Eropa.

Meski tampil irit BBM namun tak mengurangi ketangguhan CT 200h. Diperkirakan produk Lexus CT 200h ini mempunyai catatan ekonomis bahan bakar hingga 42 MPG dalam kondisi beragam, pelan, berhenti, dan melaju.

Perkiraan EPA: 43 MPG MPG dalam kota/ 40 di tol/42 MPG gabungan
Kisaran Harga: US$ 32.945 - US$ 39.000

4 dari 6 halaman


3. Toyota Prius V

Ide mobil ekonomis Prius V langsung dari Toyota. Sedan ini memang tak besar, lihat saja kapasitas untuk membawa barangnya hanya sekelas mobil SUV.

EPA memperkirakan bahan bakar Toyota Prius V ini lebih irit dari generasi Prius biasa generasi sebelumnya. Meskipun yang mode hybrid dan diesel sekalipun. Perkiraan efisiensi bahan bakarnya berkisar antara 46 MPG hingga 55 MPG dalam segala kondisi.

Perkiraan EPA: 44 MPG MPG dalam kota/ 40 di jalan tol/ 42 MPG gabungan
Kisaran Harga: US$ 27.560 - US$ 37.250

5 dari 6 halaman


4. Ford C-Max Hybrid

Mobil Ford C-Max Hybrid ini bisa digolongkan sebagai kendaraan serba guna. Bisa tampil sebagai SUV, bisa juga berfungsi sebagai wagon. Model Max Hybrid ini diperkenalkan Ford pada tahun lalu.

Ketika muncul di pasaran, ternyata tipe C-Max ini sangat irit melebihi produk Ford hybrid lainnya. Bahkan menurut cars.about.com lebih ekonomis dari bunyi iklannya yang mencantumkan angka 43 MPG. Tapi barangkali, angka itu memang sengaja ditulis agar tampak lebih realistis saat melihat daya tampung bahan bakarnya.

Sebenarnya, Ford C-Max Hybrid ini bisa lebih ekonomis lagi jika memaksimalkan kemampuan energi yang disebut C-Max Energy yakni mengoptimalkan fungsi baterai. Produk Ford C-Max Hybrid merupakan satu-satunya pesaing Toyota Prius V yang dinilai brilian.

Perkiraan EPA: 45 MPG MPG dalam kota/ 40 di tol/ 43 MPG gabungan
Kisaran Harga : US$ 25.995 - US$ 34.235

6 dari 6 halaman


5. Honda Civic Hybrid

Mobil Honda Civic Hybrid disebut-sebut sebagai kendaraan paling irit bahan bakar. Level ekonomis BBM-nya diklaim mencapai 42,1 MPG sampai-sampai dijuluki sebagai mobil mode ECON.

Klaim tersebut memang masuk akal karena mobil ini didukung dengan mesin diesel modern. Tapi tetap posisi ekonomisnya masih berada di belakang Toyota Prius.  

Laman cars.about.com mengungkapkan produk Honda Civic HF masih lebih ekonomis dengan tingkat efisiensi bahan bakar mencapai 29 MPG di dalam kota dan 41 MPG di jalan raya. Harganya pun dipatok US$ 20.555 lebih hemat dibanding Civic model hybrid.  

Perkiraan EPA: 44 MPG MPG dalam kota/ 44 di tol/ 44 MPG gabungan
Kisaran Harga: US$ 25.150 - US$ 27.850

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.