Sukses

Ratusan Ribu Mesin Toyota Rusak

Sekitar 270 ribu mobil Toyota yang telah terjual di seluruh dunia--termasuk sedan mewah Lexus dan Crown--mengalami kerusakan pada mesin. Oleh karena itu, Toyota kini tengah mempertimbangkan untuk melakukan penarikan kembali atas kendaraannya.

Liputan6.com, Tokyo: Toyota Motor Corp mengatakan pada Kamis (1/7), sekitar 270 ribu mobil yang telah terjual di seluruh dunia--termasuk sedan mewah Lexus dan Crown--mengalami kerusakan pada mesin. Dari 270.000 kendaraan yang bermasalah mesin, 180 ribu dijual di luar negeri dan sisanya di Jepang. Kendati demikian, Toyota mengatakan belum ada laporan kecelakaan yang terkait dengan mesin yang rusak.

Perusahaan otomotif nomor satu dunia ini pun akhirnya mempertimbangkan untuk menarik kembali kendaraannya. Atas masalah tersebut, saham Toyota di Tokyo hari ini turun 1,1 persen menjadi Rp 314.244. Sementara juru bicara Toyota Hideaki Homma mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan langkah-langkah untuk mengatasi masalah mesin rusak.

Produsen mobil ini telah bekerja keras untuk menambal reputasinya, setelah lebih dari 8 juta kendaraan di seluruh dunia ditarik karena terdapat masalah pada percepatan dan cacat lainnya sejak tahun lalu. Sebagai buntut dari penarikan kembali Toyota, Kongres sedang mempertimbangkan untuk memperbaharui undang-undang keselamatan guna menguatkan hukuman potensial terhadap produsen mobil.(AP/AST/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.