Sukses

Sepeda Motor Listrik Versi Yamaha Diperkenalkan

Kedua sepeda motor bertenaga listrik dari Yamaha akan diproduksi pada 2016 mendatang.

Liputan6.com, Tokyo - Yamaha memperkenalkan versi produksi dari sepeda motor bertenaga listrik garapannya yaitu PES1 dan PED1. Konsep dari kedua Motor tersebut sebelumnya telah diperkenalkan pada gelaran Tokyo Motor Show 2013.

Melansir laman Autoblog, Jumat 25/4/2014), Yamaha mengungkapkan bila kedua sepeda motor bertenaga listrik tersebut akan diproduksi pada 2016 mendatang.

Perusahaan mengklaim bila sepeda motor bertenaga listrik akan menawarkan kemudahan penggunaan serta memberi sebuah pengalaman baru yang menyenangkan dalam berkendara.

PES merupakan singkatan dari Passion-Electric-Speed, sementara itu PED singkatan dari Passion-Electric-Dirt.

PES1 hadir dengan desain streetbike telanjang yang kekar dan beringas. Sementara itu, PED1 memiliki desain trail yang ramping dan lincah. PES1 dan PED1 akan hadir dengan pilihan tranmisi manual atau otomatis.

Sumber tenaga yang dimiliki kedua motor tersebut dihasilkan dari baterai lithium - ion yang menggerakkan motor brushless dengan arus DC. Baterai tersebut ditempatkan pada rangka monokok yang menjadi tulang dari PED1 dan PES1.

Sepeda motor bertenaga listrik garapan Yamaha memiliki bobot yang relatif ringan. Pada PES1 memiliki bobot kurang dari 111 kg, sedangkan PED1 memiliki bobot hanya 93 kg.

Yamaha belum membeberkan secara detil spesifikasi dari PES1 dan PED1. Perusahaan hanya merilis sebuah video yang menunjukkan kecepatan puncak pada PES1 terbatas hanya 100 km/jam.

Kecepatan tersebut merupakan kecepatan pada versi konsep, untuk model produksi akan memiliki kecepatan maksimal lebih dari itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini