Sukses

Roadster Legendaris Nissan Resmi Pensiun

Nissan akan berkonsentrasi pada pengembangan Fairlady Z agar menghasilkan performa mesin lebih tinggi dan aero dinanimika yang lebih baik.

Liputan6.com, Tokyo - Pabrikan otomotif Nissan mengumumkan produksi roadster legendarisnya yaitu Fairlady Z Roadster atau yang juga dikenal sebagai 370Z Roadster akan berakhir pada 30 September 2014. Hal ini berarti untuk model terakhir tidak mendapatkan update dari Nissan.

Pihak Nissan mengatakan kalau penghentian produksi dari 370Z Roadster ini hanya akan dihentikan pada pabrik yang menggarap pasar Jepang saja, sementara pada produksi roadster 370Z di Amerika Serikat akan tetap berlanjut, seperti dikutip dari Leftlanenews, Senin (26/5/2014).

Sportcar dua penumpang tanpa atap ini pertama kali diperkenalkan pada pasar negeri sakura tersebut pada Oktober 2009 lalu. Hingga April 2014, 370Z ini terjual mencapai 798 unit di Jepang.

Menurut penuturan orang dalam dari Nissan, pabrikan ini akan berkonsentrasi pada pengembangan Fairlady Z agar menghasilkan performa mesin lebih tinggi dan aerodinanimika yang lebih baik. Hal tersebut dibuktikan dengan 370Z Nismo untuk model 2015 yang diperkenalkan minggu lalu.

Sejak awal diluncurkan, roadter atap terbuka ini dibekali dengan mesin V6 berkapasites 3,7 liter yang mampu menghasilkan output tenaga sebesar 350 horse power (HP) dengan torsi 276 pound-feet. Sportcar ini hadir dengan dua pilihan transmisi yaitu manual enam percepatan serta otomatis tujuh percepatan yang keduanya menawarkan performa berkendara yang luar biasa

Fairlady ini hadir dengan pilihan atap soft-top ataupun hard-top. Untuk versi terbaru, sportcar ini nantinya akan hadir dengan dimensi yang lebih kecil dan lebih ringan dari 370Z.

Perubahan dimensi yang akan dilakukan oleh Nissan pada sportcar andalannya ini menjadi hal pertama yang mereka lakukan pada keluarga Fairlady sejak diperkenalkan pertama kali pada Oktober 1969 dengan model 240Z. (Ysp/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.