Sukses

Bobol Mobil Mewah, Maling Inggris Pakai Alat Murah Meriah

Mobil Mewah keluaran terkini telah dilengkapi hingga 80 sensor elektrik yang mencakup navigasi, kunci sentral, rem dan banyak lagi.

Liputan6.com, London - Zaman sekarang menjadi zaman yang serba canggih, bahkan bagi aksi pencurian mencuri mobil sekalipun. Bila para pencuri mobil sebelumnya kerap memecahkan kaca untuk membobol mobil, kali ini mereka memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi teknologi (IT) untuk membawa kabur mobil incaran.

Melansir laman Dailymail, Senin (26/5/2014), Kepolisian Kota London baru-baru ini mengklaim kalau setengah dari pencurian mobil di Ibukota Inggris tersebut dilakukan tanpa menggunakan kekerasan pada mobil.

Polisi menduga para penjahat menggunakan gadget berteknologi tinggi yang dirancang tukang kunci untuk mendapatkan akses masuk mobil tanpa menimbulkan kecurigaan.

Dugaan tersebut merupakan hasil sementara dari penyelidikan polisi terhadap kasus pencurian Toyota Prius dan Ford Escape tahun lalu yang memanfaatkan sejumlah hacker. Alat yang digunakan pencuri untuk membobol mobil tidak spesifik merujuk pada merek tertentu.

Penggunaan gadget untuk membobol mobil karena saat ini mobil modern telah dilengkapi hingga 80 sensor elektrik yang digerakkan semacam sistem komputerisasi yang mencakup navigasi, kunci sentral, rem dan banyak lagi.

Pada bulan Februari lalu, peneliti keamanan di Spanyol menciptakan sebuah alat yang diberi nama CAN Hacking Tool ( CHT ) - sebuah perangkat yang dapat dipasang ke perangkat Controller Area Network pada mobil. Hasilnya alat tersebut dalam hitungan menit dapat membobol sistem kendaraan melalui sebuah kode.

Sayangnya, eksperimen ini rupanya diketahui para hacker dan mereka menciptakan sebuah alat yang dapat mengontrol lampu, kunci, kemudi dan bahkan rem dengan harga hanya $ 20 atau sekitar Rp 232 ribu (Kurs Rp. 11.610 per US$). Rupanya alat ciptaan para hacker ini yang dimanfaatkan oleh para pencuri membobol mobil incaran mereka.

"Kendaraan kelas atas semakin lama hadir semakin canggih, begitu pula para penjahat yang mengincarnya," ujar seorang polisi London.

Sebagai langkah pencegahan, pihak kepolisian London bekerja sama dengan produsen menciptakan sistem keamanan mobil yang mencakup perangkat pelacak pada mobil serta sistem pengunci pada setir. Hal tersebut bertujuan untuk menyulitkan pencuri dalam membobol dan membawa kabur mobil curian. (Ysp/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.