Sukses

Daftar 5 Mobil yang Paling Rentan Dicuri

Dalam sebuah laporan yang dirilis FBI, ada satu mobil yang hilang setiap 40 detik di Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, California - Aspek keamanan menjadi salah satu faktor pertimbangan konsumen saat membeli mobil. Tapi namanya pencuri, pasti mereka mempunyai seribu satu cara untuk menggasak mobil buruan.

Umumnya, mobil yang menjadi incaran memiliki kelemahan pada sistem keamanan dan dapat dengan mudah dibobol. Tak hanya itu, para pemain dunia gelap juga mulai mengandalkan piranti nan canggih yang digunakan untuk memuluskan aksi mereka.

Tak heran, dalam sebuah laporan yang dirilis FBI, ada satu mobil yang hilang setiap 40 detik di Amerika Serikat (AS). Di dalam dunia roda empat, ada sejumlah model-model yang menjadi sasaran empuk para pencuri. Dilansir dari Carbuzz yang mendapat data dari mendapat dari LoJack, sebuah produsen pembuat alat keamanan pada Senin (26/5/2014), berikut daftarnya:

1. Toyota Corolla

File:2014 Toyota Corolla (ZRE172R) Ascent sedan (2014-04-11).jpg

Ditetaskan dalam sebelas generasi, model ini membukukan penjualan lebih dari 40 juta unit secara global. Tak hanya di Indonesia, mobil ini juga cukup digandrungi di sejumah pasar termasuk Amerika Serikat (AS).

Untuk memenuhi kebutuhan pasar global, mobil ini dirakit di sejumlah fasilitas produksi yang berada di Jepang, Brasil, Kanada, China, India, Pakistan, Afrika Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam, Turki dan Venezuela.

Dengan respon dari konsumen yang cukup tinggi atas Toyota Corolla, para pencuri pun dengan mudah menjadikan model ini sebagai target sasaran. Menurut LoJack, model ini menempati urutan kelima sebagai mobil yang paling banyak digasak pelaku kriminal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Honda Integra

2. Honda Integra

Model ini bisa dibilang tidak begitu populer. Honda Integra lahir pada 1985 dan 2006 untuk mengisi pertarungan di segmen mobil sport.

Hadir dengan menggendong mesin serta penggerak roda depan, mobil ini juga dikenal sebagai Acura Integra, Acura RSX dan Rover 416i.

Dalam catatan, mobil dua pintu itu menempati urutan ke-4 dalam daftar roda empat yang paling banyak dicuri.

3 dari 5 halaman

Toyota Camry

3. Toyota Camry

Di samping mobil keluaran Honda, LoJack juga mengungkap mobil besutan pabrikan lain yaitu Toyota Camry yang menempati posisi ketiga sebagai model yang paling banyak dicuri di Negeri Paman Sam.

Mobil ini memang cukup populer. Terbukti, Toyota melepas Camry ke sejumlah wilayah di Amerika, Eropa, Asia, termasuk Indonesia. Sedan yang mulai diproduksi sejak 1982 ini juga telah ditetaskan dalam beberapa generasi.

Model yang mengusu segmen kompak pada era 1982 hingga 1998 itu bertransformasi menjadi midsize sejak 1991 hingga kini. Bahkan Toyota juga melepas varian hibrid untuk memenuhi kebutuhan sejumlah pasar otomotif dunia.

4 dari 5 halaman

Honda Civic

4. Honda Civic

Di samping Accord, Honda Civic juga bisa dibilang menjadi model yang cukup legendaris. Setiap tipe terbarunya, mobil ini selalu menuai respon baik dari pasar.

Tingginya minat konsumen terhadap Honda Civic nampaknya menimbulkan dampak negatif. Para pencuri pun tak ketinggalan untuk berburu model itu dikala pemiliknya tengah lengah dan tak membekali mobilnya dengan sistem keamanan yang mumpuni.

Tak heran, LoJack mengklaim bahwa Honda Civic menempati urutan kedua sebagai model yang paling banyak dicuri di AS.

5 dari 5 halaman

Honda Accord

5. Honda Accord

Model ini menjadi model sedan yang cukup ternama di Honda. Mulai diproduksi sejak 1976, mobil ini telah ditransformasikan dalam pelbagai model, termasuk coupe, wagon, hatchback juga crossover alias Sport Utility Vehicle (SUV).

Honda Accord generasi ke-9 yang ditetaskan pada 2013 hingga saat ini memiliki mesin DOHC empat silinder 16-valve berkapasitas 2,4 liter dengan output 185 horsepower (HP) dan torsi (245Nm).

Menurut informasi dari produsen alat pelacak mobil, LoJack, Honda Accord menempati peringkat pertama sebagai mobil yang paling banyak dicuri di AS. (Gst/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini