Sukses

Tekan Polusi Udara, Jutaan Mobil Dilarang Berkeliaran di Tiongkok

Emisi gas buang dari kendaraan bermotor berkontribusi sebesar 31% terhadap pecemaran udara.

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah China berencana menarik peredaran enam juta mobil yang tidak memenuhi standar emisi. Kebijakan ini dilakukan untuk menekan angka polusi dan meningkatkan kualitas udara di Tiongkok.

Temuan terbaru dari Departemen Lingkungan China, emisi gas buang dari kendaraan bermotor berkontribusi sebesar 31% terhadap pecemaran udara.

Di Beijing saja, sebagaimana dilansir dari BBC, Jumat (30/5/2014), lebih dari 300 ribu mobil ditarik. Pemerintah China menerbitkan anggaran sebesar US$ 275 miliar untuk mengatasi masalah pencemaran udara dalam lima tahun ke depan.

Setelah menarik lima juta mobil pemerintah juga berencana menarik lima juta mobil lainnya yang beredar di sejumlah wilayah China.

Menurut keterangan di laman resmi pemerintah, aksi ini dilakukan untuk penghematan energi dan menciptakan udara yang rendah karbon dalam dua tahun ke depan.

Sementara itu, pemerintah Kota Beijing sebelumnya telah menawarkan subsidi kepada pemilik mobil tua untuk tidak menggunakan dan memusnahkannya.

Di samping menghapus penggunaan kendaraan bermotor, pemerintah juga melakukan langkah lain seperti meningkatkatkan kualitas bahan bakar yang dipercaya mampu mengurangi polusi udara dan asap. (Gst/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini