Sukses

Ferrari Diadu Lamborghini, Unggul Mana?

Sama-sama memiliki 'darah' Italia bukan berarti keduanya tak berseturu untuk berebut kue pasar dari supercar.

Liputan6.com, Roma,- Ferrari dan Lamborghini sudah memiliki nama di industri otomotif khususnya sebagai produsen mobil yang memiliki performa tak terbantahkan. Sama-sama memiliki 'darah' Italia bukan berarti keduanya tak berseteru untuk berebut kue pasar dari supercar.

Ferrari memiliki kantor pusat di Marnello, sementara Lamborghini di Sant'Agata, Italia. Keduanya pun memiliki bapak pendiri, masing-masing Enzo Ferrari dan Ferruccio Lamborghini.

Produsen berlogo 'kuda jingrak' (Ferrari) bisa dibilang lebih tua dibandingkan `Banteng ngamuk` (Lamborghini). Sebab, perusahaan sudah berdiri sejak 1929, sedangkan Lamborghini baru lahir pada 30 Oktober 1963.

Baik Ferrari maupun Lamborghini memiliki kesamaan pandangan soal segmen roda empat mana yang ingin disasar, yakni sport car. Meskipun, Ferrari memiliki produk lain yang menyasar segmen Grand Tourer.

Lantas, apabila Ferrari dan lamborghini diadu, siapakah yang akan keluar sebagai juara? Berikut Liputan6.com coba beberkan berdasarkan beberapa aspek sebagai landasan Anda untuk menyimpulkan mana yang lebih jago seperti dilansir dari Diffen dan The Sunday Times, Selasa (10/6/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Filosofi produk

Filosofi produk

Untuk urusan model produk, Ferrari bisa dibilang lebih kaya. Perusahaan memiliki sejumlah mobil dengan gaya dua pintu, 2+2 coupe Cabriolet, 2 kursi Berlinetta, 2 kursi Spyder dan 3 pintu shooting break. Sementara Lamborghini sebagaimana dilansir dari Diffen, Selasa (9/6/2014), hanya memiliki portofolio produk bergaya 2 pintu Coupe, 2 pintu Roadster dan 2 pintu Spyder.

Menyoal layout, Lamborghini juga hanya memiliki dua tipe, yakni mesin tengah empat roda penggerak dan mesin tengah penggerak roda belakang. Dibandingkan dengan Lambo, Ferrari memiliki varian mesin yang lebih banyak, seperti mesin depan penggerak belakang, mesin tengah pengerak depan, mesin depan penggerak belakang dan mesin depan penggerak depan.

3 dari 6 halaman

Mesin Gahar Mana?

Mesin Gahar Mana?

Mobil-mobil keluaran Ferrari dan Lamborghini memang menyuguhkan mesin dengan performa buas. Mobil Ferrari biasanya hadir dengan mesin 460 horsepower (HP) hingga 651 HP pada model FF.

Lamborghini Aventador hadir dengan mesin 700 HP, sementara Lamborghini Gallardo mengusung mesin 550 hingga 570 HP.

4 dari 6 halaman

Popularitas dan Masalah Recall

Popularitas dan Masalah Recall

Menurut Yahoo! Autos, Ferrari 458 Italia menempati urutan ke-5 sebagai sport car paling populer. Sementara produksi Lamborghini Aventador dibatasi hanya 4 ribu unit. Secara keseluruhan, Lamborghini Gallardo telah diproduksi sebanyak 8.165 unit sejak tujuh tahun yang lalu.

Pada Mei 2012, banyak mobil yang ditarik Ferrari karena masalah mesin yang tiba-tiba berhenti. Tak ketinggalan, Lamborghini juga pernah mencatatkan penarikan 1.500 Gallardo Coupes dan Spyder yang diproduksi pada 2004 hingga 2006 karena masalah oli kemudi yang kemungkinan bocor dan berpeluang terbakar.

5 dari 6 halaman

Penghargaan

Penghargaan

Ferrari model 458 berhasil mendapuk gelar Best Cabrio 2012 versi majalan Auto Zeitung dan 'Best Sports Car and Convertible' dari The Sunday Times pada tahun yang sama. Tak hanya itu, Ferrari 458 juga mendapat predikat 'Best Driver Car' pada 2011 versi Motor Trend.

Tak mau kalah dengan pesaing senegaranya, Lamborghini juga memiliki daftar prestasi, di antaranya 'Top Gear Dream Car of the Year' pada 2006 untuk model Gallardo dan 'Top Gear Car of the Year pada 2009.'

6 dari 6 halaman

Hitung-hitungan

Hitung-hitungan

Angka pada akhirnya menjadi landasan untuk menyimpulkan siapa yang palling berkuasa. Pada 2012, jumlah produksi Ferrari mencapai 7.318 unit dengan pendapatan sebesar 2,3 miliar euro pada 2013. Hingga tahun 2011, perusahaan mempekerjakan 2.695 untuk mengoperasikan perusahaan. Sejak berdiri, Ferrari diperkirakan berhasil menjual sebanyak 130 ribu mobil.

Pada 2004, Lamborghini berhasil menguasai 41 persen pasar sport car AS, Jerman 13 persen, Inggris Raya 9 persen dan Jepang 8 persen. Rata-rata produksi mobil perusahaan mencapai 400 unit per tahun.

Adapun, produksi mobil Lamborghini pada 2012 menembus 2.197 unit dengan pendapatan sebesar 496 juta euro dengan jumlah karyawan pada 2011 sebanyak 831 orang.

Jadi siapa yang menang antara Ferrari dan Lamborghini, bisa dilihat volume produksi bisa juga dari kualitasnya? Anda bisa menyimpulkannya bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini