Sukses

Peringati Kejayaan F1, Lotus Bikin Exige Edisi Khusus

Exige LF1 akan hadir dengan bodi memakai bahan serat karbon.

Liputan6.com, London - Pabrikan otomotif asal Inggris, Lotus, merupakan salah satu pabrikan yang pernah memiliki prestasi gemilang pada ajang balap mobil Formula 1 (F1). Selama keikutsertaannya, Lotus meraih sejumlah 81 kali kemenangan.

Kemenangan yang diraih oleh Lotus pada ajang balap mobil 'jet darat' tersebut mulai pada saat Grand Prix Monaco tahun 1960 hingga yang terakhir pada saat Grand Prix Australia tahun 2013 lalu. Untuk memperingati kiprah mereka selama mengikuti ajang balap F1, Lotus membuat edisi khusus dari Lotus Exige S yang mereka sebut Exige LF1 (Lotus F1).

Melansir laman Motorauthority, Selasa (10/6/2014), sportcar tersebut dibuat dengan corak kebesaran Lotus saat meraih masa jayanya era 1970-80an yaitu hitam kombinasi merah dan emas. Corak warna tersebut tak hanya dilabur pada eksterior Exige LF1, tetapi juga pada sisi interior yang memakai kombinasi merah-emas pada benang jahitan kulit jok milik Exige LF1 yang berwarna hitam.

Seperti halnya jumlah kemenangan yang diraih Lotus di ajang balap F1, Exige LF1 akan diproduksi dengan jumlah hanya 81 unit saja. Masing-masing akan mendapatkan nomor urut pembuatan.

Sebagai sebuah edisi spesial, Exige LF1 akan hadir dengan bodi memakai bahan serat karbon. Sementara itu, Lotus juga meng-upgrade sistem pengendalian dari Exige tersebut yang meliputi perangkat suspensi yang dapat disetel, komponen rem, velg alloy ringan berwarna emas berukuran 17 inci di depan dan 18 inci di belakang yang dibalut oleh ban Pirelli P Zero Trofeo.

Sayangnya tidak ada perubahan ke bagian dapur pacu untuk Exige LF1. Sportcar itu tetap mengusung mesin V6 berkapasitas 3,5 liter yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 345 horse power dan torsi sebesar 295 pound-feet. Mesin tersebut sudah cukup membuat Exige LF1 untuk berakselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 3,8 detik dan menghasilkan kecepatan maksimal hingga 274 km/jam.

Lotus Exige LF1 ini akan dipamerkan pada gelaran Goodwood Festival of Speed di Inggris Selatan pada akhir bulan ini. Sayangnya, pihak Lotus masih belum mau membocorkan perkiraan harga yang akan dibanderol pada Exige LF1, kemungkinan Lotus baru akan merilis harga sportcar tersebut saat ajang Goodwood Festival of Speed berlangsung. (Ysp/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.