Sukses

MINI Ciptakan Mobil Murah?

MINI merancang One First sebagai sebuah kendaraan yang irit bahan bakar.

Liputan6.com, London - Produsen mobil ikonik asal Inggris, MINI, saat ini sedang mempersiapkan sebuah hatchback entry level untuk seluruh portofolionya. Kendaraan yang diberi nama One First ini tetap mengusung gaya retro khas Inggris yang menjadi ciri dari pabrikan MINI.

Melansir laman Motorbeam, Minggu (15/6/2014), mobil ini dibangun dari basis MINI One namun untuk mengisi posisi di bawahnya. Dari sisi desain, One First sebagai sebuah hatchback entry level akan hadir secara simpel dan sederhana karena tidak mendapat sentuhan elemen sporty seperti halnya Cooper S.

Perubahan terbesar dari MINI One First jika dibandingkan dengan MINI One adalah pada bagian dapur pacu yang menghasilkan tenaga yang hanya 74 horse power (HP) dari mesin tiga silinder turbocharger berkapasitas 1,2 liter. Tenaga milik One First lebih kecil jika dibandingkan dengan saudaranya yaitu MINI One yang dapat menghasilkan output tenaga sebesar 104 HP.

Sebagai sebuah mobil entry level, MINI merancang One First sebagai sebuah kendaraan yang irit bahan bakar. Pihak MINI mengklaim kalau konsumsi bahan bakar dari One First mencapai 20 kilometer (km) per liter.

Sayangnya, MINI One First meskipun menjadi sebuah kendaraan entry level namun harga yang akan dibanderol masih tetap lebih mahal dibandingkan kendaraan entry level lainnya. Apalagi One First memiliki performa mesin tak jauh beda dengan kendaraan entry level lain, padahal One First telah dibekali turbocharger yang dapat mendongkrak tenaga cukup signifikan.

Pihak MINI mengonfirmasi kalau One First sudah dapat mengaspal pada bulan Juli 2014 mendatang di seluruh dunia. Namun, pihak MINI masih belum membocorkan yang akan dibanderol pada hatchback 'murah' buatannya ini. (Ysp/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini