Sukses

Jip Perang Ini Mejeng di Lapak Online

Willys yang dilego tersebut dibuat pada masa awal perang dingin.

Liputan6.com, Ohio - Jeep merupakan merek kendaraan yang dikenal tangguh di segala medan. Tak heran kalau Amerika Serikat mempercayakan kendaraan operasionalnya di medan perang kepada Jeep.

Salah satu varian Jeep yang digunakan Amerika saat perang adalah model Willys. Kendaraan yang dikategorikan ke dalam varian general purpose (GP) ini tak hanya digunakan sebagai kendaraan sehari-hari tentara tetapi juga digunakan untuk ambulans di medan perang.

Melansir laman Autoweek, Rabu (18/6/2014), dari 4.000 unit Willys yang digunakan sebagai ambulans di medan perang, salah satu Willys yang tersisa dijual oleh pemiliknya di laman jual beli online e-Bay. Willys yang dilego tersebut merupakan keluaran tahun 1955 yang merupakan masa awal perang dingin.

Yang membedakan Willys seri M170 dengan Jeep Willys versi standar adalah jarak antar sumbu roda milik M170 lebih panjang 20 inci dan tangki bahan bakar yang dapat digunakan untuk menempuh jarak sejauh 300 mil.

Perbedaan ukuran dan kapasitas tangki yang dimiliki oleh Willys M 170 ini dimaksudkan agar paramedis dapat membawa tentara yang menjadi korban perang ke rumah sakit yang jaraknya bisa cukup jauh dari medan perang.

Dari foto yang ditampilkan, kondisi dari Willys M170 ini masih cukup baik dan terawat. Peralatan standar yang terdapat pada Willys ini seperti lampu medis, kampak, dan sekop pun masih dalam kondisi lengkap.

Bahkan, kondisi atap yang memakai bahan kanvas pun masih tetap terjaga dengan baik sementara pad Willys M170 yang lain sudah banyak yang diganti pemiliknya.

Oleh sang pemilik, Willys ambulans ini dilego dengan harga US$ 35 ribu atau sekitar Rp 416,3 jutaan (kurs Rp 11.895 per US$).

Nilai yang dibanderol ini terbilang murah jika melihat kondisi kendaraan yang masih sangat terawat dan nilai historis yang terkandung pada Jeep ini. (Ysp/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.