Sukses

Suzuki dan Mazda Kerja Sama Bikin MPV Premium Berukuran Mungil

Interior dari MPV ini telah cukup canggih dan mewah dengan adanya jok kulit dan kursi yang dapat dihadapkan.

Liputan6.com, Tokyo - Kebutuhan konsumen akan kendaraan berjenis Kei atau kendaraan berukuran mungil di Jepang nampaknya tetap tinggi meskipun pemerintahnya berniat mengurangi produksi mobil Kei di negara tersebut. Setelah sebelumnya Daihatsu menciptakan sportcar dengan desain mungil, kini dua perusahaan otomotif asal Jepang yaitu Suzuki dan Mazda bekerja sama membuat mobil Kei.

Kedua perusahaan otomotif memanfaatkan celah dari peraturan yang belum resmi disahkan dengan meluncurkan sebuah kendaraan multi purpose vehicle (MPV) berukuran mungil.

Melansir laman Leftlanenews, Senin (23/6/2014), MPV mungil ini akan mengusung dua nama yang berbeda sesuai keinginan masing masing perusahaan otomotif. Pabrikan Suzuki memberi nama MPV mungil tersebut Spacia Custom XS Limited sementara Mazda menamainya dengan Flair Wagon XS.

Hadirnya MPV mungil ini akan membuat pasar mobil Kei semakin ramai. Suzuki sebelumnya telah melempar sembilan model ke pasaran Jepang.

Kedua perusahaan tersebut berusaha memanfaatkan secara maksimal ruang kabin yang terbatas berdasarkan dimensi fisik yang mungil sesuai aturan pemerintah Jepang. Meskipun mungil, interior dari MPV ini telah cukup canggih dan mewah dengan adanya jok kulit dan kursi yang dapat dihadapkan.

Sementara itu eksteriornya digarap dengan ide dari hypercar asal Perancis, Bugatti Veyron. Eksterior dari Custom XS dilabur dengan cat berwarna kombinasi merah dan hitam yang dibuat mengkilap seperti layaknya Bugatti Veyron.

Sesuai dengan regulasi pemerintah Jepang, dapur pacu dari MPV mungil ini mengusung mesin tiga silinder berkapasitas 660 cc yang mampu menghasilkan output tenaga sebesar 63 horse power (HP). Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT untuk mentransfer daya mesin ke seluruh rodanya.

Berkat kapasitas mesinnya yang kecil, mobil kei ini memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 27 kilometer per liter. Baik Suzuki atau Mazda membanderol MPV premium berukuran mungil ini mulai dari US$ 16.197 atau sekitar Rp 194 jutaan (kurs Rp 11,973 per US$). (Ysp/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini