Sukses

SUV Teranyar Ford Ini Siap Disebar ke Seluruh Dunia

Ford Edge akan menjadi kompetitor dari dua model SUV keluaran Audi yaitu Q5 dan Q7.

Liputan6.com, Michigan - Tahun lalu Ford sukses menjual 1,2 juta kendaraan dari jenis sport utility vehicle (SUV) di seluruh dunia. Kesuksesan tersebut nampaknya akan terus berlanjut karena pabrikan mobil yang bermarkas di Deaborn, Michigan ini baru saja memperkenalkan SUV terbaru mereka yaitu Ford Edge.

Dilansir dari Topgear, Kamis (26/6/2014), sebagai sebuah SUV yang akan dipasarkan ke berbagai belahan dunia, Edge ini didesain desainer Ford Eropa.

Ford membangun SUV ini sesuai dengan kebutuhan sebagian besar konsumen di dunia dan bahkan pihak pabrikan juga telah menyediakan pilihan kemudi di sebelah kanan.

Desain Ford Edge ini mengambil platform yang sama dengan Mondeo, S-Max, dan Galaxy. SUV ini memiliki panjang 4.810 mm dan akan menjadi kompetitor dari dua model SUV keluaran Audi yaitu Q5 dan Q7.

Ford Edge ini memiliki desain grill radiator yang memiliki ukuran bilah-bilah yang cukup besar dan telah memakai headlamp berteknologi LED. Sementara itu pada sisi samping terdapat lis tipis yang melintang pada dari tengah hingga belakang.

Pada bagian dapur pacu, Ford Edge mengusung mesin diesel berkapasitas 2,0 liter dengan dua pilihan output tenaga yaitu 180 horse power (HP) yang mengusung sungle turbo dan versi twin turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 210 HP. Meskipun mengusung mesin peminum solar, mesin Ford Edge hanya menghasilkan emisi CO2 sebesar 150g/km.

Interiornya yang cukup lega terlihat dari dimensi kursi belakang yang mampu memuat tiga orang penumpang yang berbadan besar dan kaki penumpang lebih luas.

Ford mengklaim kalau harga dari Edge lebih terjangkau dari Audi Q5 namun memiliki ukuran interior lebih lega dari Audi Q7.

Kehadiran Ford Edge ini akan melengkapi seluruh lini SUV dari Ford. Pabrikan tersebut kini memiliki Ecosport untuk SUV ukuran kecil, Kuga untuk SUV medium, serta Edge yang menjadi produk SUV keluaran Ford yang berukuran besar.

Sayangnya, Ford masih belum membocorkan kisaran harga dari SUV terbaru mereka ini meskipun telah diperkenalkan secara resmi. (Ysp/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.